SOLOPOS.COM - Ilustrasi-Windows Phone (anandtech.com)

Ilustrasi-Windows Phone/anandtech

JAKARTA— Eksistensi Blackberry di dunia ponsel pintar semakin terancam. Menurut hasil riset dari International Data Corporation (IDC), ponsel-ponsel pintar Windows Phone akhirnya mampu melampaui jumlah pengapalan BlackBerry di seluruh dunia pada kuartal pertama 2013.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Windows Phone mendapat keuntungan dari partisipasi Nokia, dan jumlah perangkat baru BlackBerry, BB10, yang dikapalkan telah mencapai satu juta unit selama satu kuartal sejak didistribusikan,” kata Manajer Tim Riset IDC Mobile Phone, Ramos Llamas.

Ekspedisi Mudik 2024

Analis senior IDC, Kevin Restivo, mengatakan pencapaian Windows Phone yang berada pada urutan ketiga untuk jumlah ponsel yang dikapalkan di seluruh dunia, mengesahkan strategi Microsoft bersama Nokia.

Mengingat volume relatif rendah dihasilkan, jajaran ponsel Windows Phone perlu menunjukkan pencapaian lebih lanjut untuk memantapkan statusnya sebagai alternatif dari Android atau iOS,” kata Restivo.

IDC mencatat ponsel-ponsel Android masih merajai jumlah pengapalan produk pada kuartal pertama 2013 secara internasional sebesar 162,1 juta unit atau 75% dari total ponsel yang dikapalkan.

Di urutan kedua, jumlah ponsel iOS yang dikapalkan sebanyak 37,4 juta unit atau 17,3 persen dari keseluruhan ponsel.

Sementara, ponsel Windows Phone yang terkapalkan dan menyalip BlackBerry sebanyak 7 juta unit atau naik 5 juta unit dari periode yang sama 2012.

BlackBerry, di urutan keempat, justru mengalami penurunan sebesar 3,4 juta unit dari kuartal pertama 2012 atau 6,3 juta unit pada kuartal pertama 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya