Asleigh Barty (Twitter-@ashbar96)

Solopos.com, LONDON — Nama Asleigh Barty menjadi buah bibir setelah dia mampu mengangkat trofi French Open 2019. Prestasi itu membuatnya menjadi petenis nomor satu dunia, menggeser Naomi Osaka.

Di ajang Wimbledon 2019, petenis asal Australia itu tampaknya belum kehilangan sentuhan magis, setidaknya hingga babak ketiga saat dia membantai petenis tuan rumah, Harriet Dart, dengan skor 6-1, 6-1. Kemanangan itu membawa Barty menjadi petenis putri Australia pertama yang melaju ke babak keempat Wimbledon sejak Jarmila Groth pada 2010.

Ini juga kali pertama sang petenis menembus pekan kedua Wimbledon dalam kariernya. Namun perjalanan Barty yang berpredikat unggulan pertama turnamen justru harus terhenti saat melawan petenis ranking 55 dunia asal Amerika Serikat, Alison Riske.

Secara mengejutkan, Barty takluk dengan skor 6-3, 2-6, 3-6, pada babak keempat di London, Senin (8/7/2019) malam. Ini kali ketiga secara beruntun Riske mampu comeback setelah menelan kekalahan di set awal.

Terjungkalnya Barty membuat ajang Wimbledon musim ini layaknya kuburan bagi para petenis unggulan. Sebelumnya, unggulan kedua asal Jepang, Naomi Osaka, sudah harus angkat koper di babak pertama setelah dibekuk Yulia Putintseva, 6-7, 2-6. Adapun petenis unggulan ketiga, Petra Kvitova, takluk dari Johanna Konta di babak ketiga, 4-6, 6-2, 6-4.

Riske pun tak kuasa menahan air mata menyusul kemenangannya atas Barty. Lolos ke perempatfinal Wimbledon memang menjadi salah satu pencapaian terbaik dalam kariernya. Di babak delapan besar, Riske sudah ditunggu Serena Williams yang sukses membekuk Carla Suarez Navarro, 6-2, 6-2.

“Saya sangat bangga kepada diri saya, bagaimana saya mengatasi laga hari ini. Saya tidak pernah merasa bermain sefantastis ini. Saya hanya mencoba bermain agresif melawan Ash [Ashleigh Barty],” ujar Riske dilansir smh.com.au, Senin. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten