SOLOPOS.COM - Panel Surya terpasang di salah satu bangunan yang ada di Pantai Timang, Desa Purwodadi, Tepus. (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Sejumlah Pantai di wilayah Gunungkidul mulai dialiri listrik milik PLN

 

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

 

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sejumlah Pantai di wilayah Gunungkidul mulai dialiri listrik milik PLN. Diharapkan adanya fasilitas ini dapat mempercepat pengembangan sektor kepariwisataan yang ada di kawasan tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa pantai yang sudah mendapatkan aliran listrik di antaranya Pantai Wediombo, Desa Jepitu, Girisubo; Pantai Siung, Nglambor dan Jogan di Desa Purwodadi, Tepus. Direncanakan jaringan milik PLN akan terus diperluas karena di pantai lain seperti Watulumbung, Desa Balong; Pantai Ngitun, Timang di Desa Purwodadi sudah mulai terpasang tiang-tiang untuk instalasi listrik.

Kepala Desa Balong, Jepitu Suwardiyanto berharap banyak agar aliran listrik milik PLN sudah dapat masuk ke Pantai Watulumbung. Sebab, di pantai lain yang berdekatan seperti Pantai Wediombo sudah dialiri listrik sejak awal tahun ini. Menurut dia, dari sisi infrastruktur, PLN sudah mulai memasang tiang listrik sampai di lokasi pantai.

“Sudah ada yang berminat untuk pasang dan saya dengan di akhir tahun ini listrik sudah masuk ke Watulumbung,” kata Suwardiyanto kepada Harianjogja.com, Selasa (12/9/2017).

Dia pun menyakini dengan aliran listrik dari PLN maka pengembangan sektor pariwisata dapat lebih baik lagi. “Kebetulan di Watulumbung masih terhitung baru jadi butuh infrastruktur pendukung [salah satunya masalah listrik] sehingga pengembangan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Hal tak jauh diungkapkan oleh Kepala Seksi Pemerintahan Desa Purwodadi, Suyanto. Menurut dia, di wilayahnya terdapat lima pantai yang menjadi destinasi wisata seperti Siung, Jogan, Nglambor, Ngitun dan Timang. Namun dari jumlah itu, baru tiga pantai (Siung, Jogan dan Nglambor) yang teraliris listrik PLN sejak awal tahun lalu.

Sedang dua pantai lainnya masih dalam proses karena masih dalam tahap pemasangan infrastruktur. “Mudah-mudahan di akhir tahun ini semua sudah bisa teraliri listrik milik PLN,” kata Yanto.

Dia mengungkapkan, keberadaan listrik sangat membantu dalam pengembangan sektor kepariwisataan. Yanto pun menyontohkan, di Pantai Siung dan Nglambor sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari. “Kalau dulu [sebelum ada listrik] sangat jarang, tapi sekarang wisatwan sangat mudah ditemui saat malam hari,” ujarnya.

Manajer PLN Area Wonosari Didik Supriyadi mengatakan, proses pemasangan aliran listrik di wilayah pesisir sudah dimulai sejak 2016 lalu. Hingga sekarang sejumlah pantai seperti Wediombo, Siung dan Nglambor sudah teraliri listrik dari PLN.

“Memang belum semua bisa dialir karena masih dalam proses. Tapi kami memiliki komitmen untuk menerangi di wilayah-wilayah yang belum memeroleh aliran listrik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya