SOLOPOS.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers update Covid-19 di Jakarta, Selasa (21/7/2020) (Bisnis-Youtube Setpres)

Solopos.com, JAKARTA - Posisi Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia kini dipegang Wiku Adisasmito.

Pemerintah menunjuk Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 itu untuk menggantikan Achmad Yurianto mulai Selasa (21/7/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas, siapakah sosok  Wiku Adisasmito? Mengutip situs http://staff.ui.ac.id, Prof. drh. Wiku Adisasmito, MSc. Ph.D. lahir di Malang, 20 Februari 1964. Dia menamatkan pendidikannya dari IPB Bogor 1988 sebagai dokter hewan. Wiku meraih Master Of Science (MSc) dari Colorado State University (CSU) pada 1990, dan Doctor of Philosophy (Ph.D) pada 1995.

Karaoke Bandungan Desak Satgas Covid-19 Kab Semarang Dibubarkan

Ekspedisi Mudik 2024

Guru besar yang mendalami kebijakan kesehatan di bidang sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi ini berkiprah aktif dalam jejaring Tri Dharma di tingkat internasional dan nasional.

Wiku merupakan seorang staf pengajar di Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia. Dia mengajar untuk beberapa mata kuliah sarjana dan pascasarjana terkait analisis dan pembuatan kebijakan kesehatan.

Dia juga telah menyelesaikan penelitian yang dilaksanakan sejak 1992. Di mana sebagian besar bertemakan sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi.

BUM Desa Magatama Karanganyar Terima Pesanan Seribuan Sembako

 

Publikasi Ilmiah

Beberapa publikasi ilmiah yang dia miliki impact factor dan citation index adalah Avian and Pandemic Human Influenza Policy in South-East Asia: The Interface between Economic and Public Health Imperatives. Selain itu Critical Interactions between Global Fund-supported Programmes and Health Systems: A Case Study in Indonesia yang dimuat di Health Policy and Planning Journal pada 2011 dan 2010.

Publikasi lainnya, yaitu Pandemic Influenza Preparedness and Health Systems Challenges in Asia: Results from Rapid Analyses in 6 Asian Countries yang dimuat dalam BMC Public Health pada  2010. Serta Effectiveness of Antiviral Treatment in Human Influenza H5N1 Infections: Analysis from A global Patient Registry yang dimuat dalam Journal of Infectious Disease pada 2010.

Pengabdian masyarakat dalam berbagai jejaring internasional dan nasional terkait penyakit infeksi telah Wiku laksanakan atas nama UI sejak 2008. Wiku telah berperan sebagai anggota panel ahli dalam Komisi Nasional Pengendalian Flu Burung dan Kesiapsiagaan Menghadapi Pandemi Influenza (Komnas FBPI).

Sekda Grobogan Sembuh dari Covid-19

Dia memiliki peran signifikan sebagai steering committee mewakili Indonesia dalam jejaring Asian Partnership for Emerging Infectious Disease Research (APEIR). Pada 2011, Wiku dipercaya sebagai Dewan Eksekutif CORDS (Coordinating Organizations of Regional Disease Surveillance) dalam jejaring internasional surveilans penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya