SOLOPOS.COM - Benny Lin (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Benny Lin (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Di perpustakaan Kampus Washington University yang tenang, pria muda berkacamata ini “berkenalan” dengan Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI). Saat ini, tepat sembilan tahun yang lalu peristiwa itu berlangsung. Ia kini menjadi satu dari 21 admin atau pengurus Wikipedia Bahasa Indonesia (WBI).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Benny Lin mengawali karier di situs lima terbesar dunia ini sebagai penyunting sejak 2004. Kemudian 2010, ia dipercaya sebagai salah satu pengurus. “Saya termasuk lama sebagai penyunting sampai bisa masuk sebagai admin,” tutur Benny saat ditemui Solopos.com di sebuah kafe di kawasan Balaikota Solo, Minggu (28/4/2013).

Benny saat itu baru setahun kuliah di Ilmu Komputer Sains di Washington University dan mulai tertarik dengan situs penyedia informasi tersebut. Apalagi, WBI saat itu baru berusia setahun dan membutuhkan banyak masukan informasi dari para penyunting.
Dengan kemampuan alih bahasa yang cukup serta memahami pengelolaan situs, kemauan serta komitmen untuk menghimpun informasi, akhirnya dia bergabung menjadi salah satu penyunting. Di sela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa, ia sempatkan waktu untuk mengisi laman situs tersebut dengan berbagai informasi.

“Saya paling suka informasi tentang Solo maka saya masukkan sebanyak-banyaknya informasi tentang Solo, sejarahnya, wilayahnya, nama kampung, kelurahan, kecamatan. Juga soal budaya, tari, kesenian,” ujar pria kelahiran Solo tersebut.

Selain itu, beberapa di antaranya tentang tokoh sejarah, pemain film, penyanyi dan jenis informasi lainnya.

Selama sembilan tahun berkecimpung di Wikipedia, baik sebagai penyunting maupun pengurus, Benny mengaku sudah mem-post lebih dari 117.000 kali di halaman WBI.

“Ini salah satu penyunting kedua terbanyak dan masuk ukuran senior. Kemarin [dua pekan lalu] saya mem-post partitur Ibu Kita Kartini, saya dedikasikan untuk penyunting perempuan,” ujar dia bangga.

Saat ini, ada lebih dari 456.000 penyunting yang terdaftar di WBI dan 1.768 di antara mereka masih aktif dalam menyunting naskah atau artikel di laman tersebut. Laki-laki masih mendominasi, sekitar 80 persen dibanding perempuan. Namun ia melihat jumlah perempuan yang berminat semakin bertambah setiap tahunnya.
Menulis di Wikipedia bukanlah sesuatu yang susah. Namun tak sembarang orang dan sembarang informasi dapat diakomodasi Wikipedia. Konten laman itu adalah informasi tentang pengetahuan, sosial serta budaya tanpa ada muatan kepentingan tertentu. “Kami punya gaya menulis yang baku, ya seperti bisa dibaca di Wikipedia sekarang ini, tidak condong, tidak politis, sikap kami netral.”

Awal April lalu, seperti dikabarkan ada orang yang meretas dan mengganti informasi di Wikipedia Bahasa Indonesia. Informasi tersebut terkait penyanyi pop Agnes Monica yang ditulis sebagai penyanyi dangdut.

“Itu vandalis dan terima kasih kepada yang melaporkan itu. Ada lebih dari 210.000 artikel, dan kami tidak bisa mengawasi semua.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya