SOLOPOS.COM - (AFP)

Canberra (Solopos.com)--Situs WikiLeaks milik Julian Assange memenangkan penghargaan bergengsi Jurnalisme Australia.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

(AFP)

Ekspedisi Mudik 2024

WikiLeaks dipilih secara independen oleh para jurnalis dan fotografer di negeri Kangguru itu.

WikiLeaks menerapkan teknologi baru untuk menembus lingkaran pemerintah dan mengungkapkan kebenaran,” kata juri yang menganugerahkan penghargaan ke WikiLeaks seperti diberitakan oleh AFP, Senin (28/11/2011).

Situs WikiLeaks telah mempublikasikan ribuan kabel diplomat Amerika Serikat (AS) yang berisi tentang pandangan diplomat AS tentang para pemimpim dunia yang membuat pihak Washington menjadi malu.

Dalam rekaman video yang diputar saat situs miliknya didaulat menjadi pemenang, Assange berbicara dan mengecam pihak Canberra yang tidak cukup serius melindunginya.

“Pemerintah Gillard telah menunjukkan warna aslinya dalam kaitannya dengan bagaimana pemerintah menangangi tekanan dari AS kepada WikiLeaks,” katanya dalam sebuah rekaman yang ditayangkan di televisi SBS.

“Wartawan Australia berani, penduduk Australia mendukung, tetapi PM Australia Julia Gillard adalah pengecut,” tambahnya

“Selama kita bisa berbicara, selama kita dapat mempublikasikan, dan selama internet tetap bebas, kami akan terus melawan, bersenjatakan dengan kebenaran,” jelasnya.

Assange saat ini menjadi tahanan rumah di Inggris sejak bulan Desember 2010 atas tuduhan pemerkosaan dan kekerasan seksual kepada dua wanita di Swedia.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya