SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Masyarakat Kota Madiun, Jawa Timur, kian dimanjakan dengan ketersediaan layanan internet bebas biaya.

Hingga kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menyediakan 1.220 titik layanan internet gratis berupa pemasangan wireless fidelity (wifi) di wilayah setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto di Madiun, Kamis (18/10/2018), mengatakan penyediaan layanan internet gratis hingga seribuan titik tersebut dilakukan secara bertahap sejak satu tahun terakhir.

“Program ini, terbukti tepat menjawab kebutuhan masyarakat. Berawal dari ratusan titik, program wifi gratis ini sudah tembus di angka seribu lebih kini. Itu tak terlepas dari banyaknya permintaan masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia, inovasi layanan wifi gratis tersebut bukan untuk mengejar penghargaan namun lebih berdasar pada kebutuhan masyarakat masa kini. Dia menilai informasi menjadi kebutuhan vital saat ini.

Dalam artian, informasi harus dapat diakses dengan mudah dan murah. Berbekal itu, Pemkot Madiun mencoba hadir dengan memberikan berbagai fasilitas salah satunya layanan wifi gratis.

Adapun titik layanan internet gratis tersebut di antaranya dipasang di Pasar Besar Madiun, Pasar Srijaya, Alun-alun Kota Madiun, lapangan kelurahan, kantor-kantor pemerintahan, ruang terbuka hijau, dan sejumlah lokasi fasilitas umum lainnya.

Sugeng Rismiyanto menilai penyediaan layanan informasi melalui pemasangan wifi tersebut juga tegak lurus dengan acuan pemerintah provinsi yang ingin memacu perekonomian wilayah Jawa Timur dengan berbasis digital.

Selain itu, lanjutnya, layanan internet gratis tersebut diharap juga dapat membantu masyarakat terutama pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam mengembangkan usahanya.

Pelaku usaha bisa memasarkan produknya melalui lapak dalam jaringan atau online sehingga memangkas modal dan biaya operasional.

“Layanan internet gratis tersebut juga untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kota Madiun. Ini penting karena Kota Madiun minim sumber daya alam,” ungkap dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya