SOLOPOS.COM - Ilustrasi makanan sehat (JIBI/Dok)

Jutaan orang mati karena makanan tak sehat.

Solopos.com, JAKARTA — World Health Organization (WHO) menyebut makanan tak aman menjadi penyebab jutaan kasus kematian orang didunia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Data WHO mencatat, lebih dari dua juta kasus kematian terjadi setiap tahun akibat konsumsi makanan atau minuman yang tak aman, salah satunya yang telah terkontaminasi logam berat atau racun.

“Masalah keamanan pangan lokal secara cepat menjadi kasus darurat internasional, ” kata Direktur WHO Margaret Chan dalam siaran pers sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, beberapa waktu lalu.

Menurut Chan, makanan tak aman mengandung bakteri, virus, parasit atau bahan kimia berbahaya, antara lain dari bahan hewani yang belum sepenuhnya matang, buah-buahan dan sayuran yang mengandung kotoran, atau makanan laut yang mengandung racun.

Chan menyebutkan, makanan tak aman bisa menyebabkan 200 penyakit, mulai diare hingga masalah kesehatan jangka panjang seperti kanker dan gangguan saraf.

Pada 2010, data WHO menyebutkan, sekitar 582 juta kasus kematian terjadi akibat 22 jenis penyakit typhus dengan jenis berbeda. 351.000 kasus di antaranya menyebabkan penderita meninggal.

Kemudian, lebih dari 40 persen orang yang menderita penyakit ini adalah anak berusia di bawah lima tahun.

Agen utama penyebab typhus adalah Salmonella Typhi (52.000 kasus kematian), enteropathogenic E. coli (37.000 kasus kematian) dan norovirus (35.000 kasus kematian).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya