SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang membaca koran. (Reuters)

 

Solopos.com, SOLO — Virus corona sebagai pemicu Covid-19 memang bisa meneluar lewat permukaan benda yang terkena virus. Namun apakah penularan virus corona bisa melalui permukaan koran dan pindah ke tangan manusia?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bawa Mobil Sport, Kakek Asal Solo Ini Bagi-Bagi Beras & Uang di Tengah Wabah

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia tak menampik kemungkinan itu bisa terjadi. "Koran yang disentuh oleh seseorang terjangkit Covid-19 mungkin saja memiliki virus ini beberapa waktu di permukaannya," tulis WHO Indonesia di akun Twitternya, @WHOIndonesia, Jumat (3/3/2020).

Proyek Fisik Dinas PUPR Solo Tetap Jalan Meski Status KLB Corona Diperpanjang

Namun, WHO menegaskan risiko penularan virus corona dari koran sangat rendah. Ada beberapa faktor, termasuk lingkungan, yang mendukung persebaran virus corona.

Hari Ini Dalam Sejarah: 4 April 1287, Kerajaan Hanthawaddy Didirikan

"Namun risiko terinfeksi dari koran tergolong rendah. Hal ini karena penyebaran virus tergantung pada beberapa faktor, misalnya seseorang terpapar berapa banyak virus, berapa lama virus bertahan di permukaan, kondisi lingkungan, dll," lanjut WHO Imdonesia.

Terpukul Wabah Covid-19, Pengusaha Sragen Ini Terpaksa Tutup 4 Rumah Makan

WHO menegaskan masyarakat hanya perlu waspada dan tak panik menghadapi pandemi virus corona. Masyarakat juga diminta menerapkan pola hidup sehat demi menekan penularan virus corona.

Riset Google Ungkap Orang Indonesia Masih Banyak yang Keluyuran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya