Tutup Iklan

WHO Ingatkan Agar Tak Terjebak Rasa Aman Palsu dari Vaksinasi

Saat ini masih banyak orang yang terjebak rasa aman palsu dari Covid-19 seusai divaksin Covid-19.

 Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengingatkan bahwa jangan terjebak rasa aman palsu setelah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap bukan berarti Anda kebal dari infeksi virus Corona. Pasalnya saat ini pandemi masih belum berlalu.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom, dalam briefing di Jenewa, Swiss, Rabu (24/11/2021),  mengatakan saat ini masih banyak orang yang terjebak rasa aman palsu dari Covid-19 seusai divaksin Covid-19. Itu adalah pemikiran yang salah alias merasa rasa aman palsu dari vaksinasi. Orang-orang tersebut berpikir ketika sudah divaksinasi tidak perlu melakukan hal pencegahan lain.

“Kami khawatir tentang rasa aman palsu dari vaksin. Orang-orang ini berpikir ketika sudah divaksinasi tidak perlu melakukan tindakan pencegahan lainnya,” kata Tedros kepada wartawan seperti dikutip dari Liputan6.com pada Kamis (25/11/2021).  “Vaksinasi menyelamatkan nyawa tapi tidak sepenuhnya mencegah penularan,” katanya.

Baca Juga: Ingin Bobok Pulas? Lakukan Kebiasaan Ini Sebelum Tidur

Lebih lanjut, Tedros mengingatkan bahwa meski Anda sudah divaksinasi Covid-19 dosis lengkap tindakan pencegahan tetap perlu dilakukan, jangan terjebak rasa aman palsu. “Sesudah divaksinasi, lanjutkan dengan upaya pencegahan. Hal ini mencegah orang lain terinfeksi dan mencegah orang lain meninggal karena penyakit ini,” katanya.

Tedros mengatakan seseorang yang sudah divaksinasi Covid-19 tetap bisa tertular dan menularkan virus SARS-CoV-2. Sebelum ada varian Delta, vaksin Covid-19 bisa mengurangi penularan hingga 60 persen. Namun, ketika Delta hadir mengurangi penularan 40 persen. “Meski begitu, tetap saja kita mesti lakukan upaya pencegahan penularan,” kata Tedros.

Selain itu WHO sangat khawatir dengan sebaran kasus Corona di Eropa. Diprediksi bakal bisa ada tambahan 500 ribu kematian hingga Maret jika masyarakat tidak dilakukan upaya disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga: Bisakah Wanita Mengalami Kanker Prostat? Ini Penjelasannya

Maka dari itu, WHO mewanti-wanti masyarakat Eropa untuk disiplin lakukan protokol kesehatan. Direktur Regional WHO, Hans Klurge, mengatakan memakai masker dengan benar harus dilakukan.  Jika protokol kesehatan tidak dilakukan dengan disiplin, hal itu membuat situasi pandemi di sana jadi tidak terkendali. Lonjakan dan kematian karena infeksi virus SARS-CoV-2 masih bisa terjadi.

“Faktor-faktor seperti musim dingin, cakupan vaksinasi Covid-19 yang belum tinggi, serta dominasi varian Delta yang lebih menular membuat penularan lebih mudah,” kata Klurge seperti mengutip BBC pada Kamis (25/11/2021).

Pesan mengenai penggunaan masker juga diserukan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom. Jaga jarak, pakai masker, menghindari kerumunan itu masih diperlukan di saat pandemi. “Meski sudah divaksinasi, tetap lakukan upaya pencegahan untuk mencegah diri terinfeksi kemudian menginfeksi orang lain, yang bisa saja mereka bisa meninggal karena terinfeksi,” kata Tedros.

Baca Juga: Ketahui 5 Postur Buruk untuk Tubuh dan Kesehatan

“Maka dari itu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan itu harus dilakukan,” pesannya mengutip The Hill.

Imbauan penggunaan masker ini datang karena memang kurang dari setengah populasi Eropa yang diiplin memakainya.  “Hanya 48 persen dari populasi Eropa yang memakai masker,” kata Direktur Eksekutir WHO Eropa, Robb Buttler, mengutip Sky News.

Padahal, bila semua orang disiplin memakai masker saat keluar rumah, risiko penularan jadi rendah. Virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19  bisa menular lewat droplet, penggunaan masker mengurangi risiko penularan. “Bila disiplin memakai masker, bisa menyelamatkan lebih banyak nyawa,” katanya.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Doa Agar Dijauhkan Dari Penyakit Ain yang Muncul dari Pandangan Mata

Berikut doa yang dapat dipanjatkan agar dijauhkan dari penyakit ain.

Bernapas Melalui Mulut dapat Memengaruhi Bentuk Wajah Manusia?

Selain udara jadi tidak tersaring dengan bulu-bulu hidung, bernapas melalui mulut ternyata juga dapat menyebabkan perubahan pada bentuk wajah.

5 Negara yang Tetapkan Tanggal Kedaluwarsa Sertifikat Vaksin Covid-19

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin.

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Ilmuwan: Orang yang Sudah Divaksin Penuh Bisa Kena Varian Omicron

Untuk mencegah terinfeksi varian Omicron, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan semua orang Inggris untuk suntik vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

28 November 2021 Minggu Pon, Begini Wataknya Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mereka yang lahir pada Minggu Pon mempunyai jumlah nilai neptu 12.

Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Memang tidak mudah untuk mendeteksi apakah pria tulus atau tidak mencintai perempuan.

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.