Mantan Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun (kedua dari kiri) dan Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka (kiri) memberi sambutan dalam acara perpisahan Kapolres Banyumas dan penyambutan Kapolresta Banyumas di halaman Mapolresta Banyumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (4/12/2019). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, PURWOKERTO — AKBP Whisnu Caraka menjadi kepala Kepolisian Resor Kota (kapolresta) pertama Banyumas, Jawa Tengah. Gelar Kapolresta Pertama Banyumas itu disematkan mantan Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun.

"Hari ini, kita menyambut pimpinan Polresta Banyumas. Beliau adalah AKBP Whisnu Caraka yang berdasarkan surat keputusan Bapak Kapolri, menjadikan beliau sebagai kapolresta pertama di Banyumas," katanya di halaman Mapolresta Banyumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (4/12/2019).

Dia mengatakan hal itu saat memberi sambutan pada acara perpisahan Kapolres Banyumas dan penyambutan Kapolresta Banyumas. AKBP Bambang Yudhantara Salamun selanjutnya menjabat sebagai kapolres Pati, Jawa Tengah, sedangkan AKBP Whisnu Caraka sebelumnya merupakan pejabat di Kepolisian Daerah Banten.

Lebih lanjut, Bambang memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Polresta Banyumas karena selama dua tahun dua bulan telah berhasil melalui rangkaian kegiatan masyarakat yang sangat luar biasa, mulai dari pilkada, pemilu, hingga pilkades. "Alhamdulillah, semua kita lalui dengan baik. Situasi kamtibmas berjalan dengan sangat luar biasa dan ini dirasakan oleh masyarakat Banyumas itu sendiri," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dia meminta maaf jika selama ini ada tutur kata, perbuatan, atau tindakan yang kurang berkenan bagi seluruh anggota Polresta Banyumas. "Itu terpaksa saya lakukan untuk menjadikan rekan-rekan semua dicintai masyarakat," katanya sambil meneteskan air mata.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bambang meminta seluruh anggota Polresta Banyumas untuk tetap melaksanakan ibadah salat secara tepat waktu dan berjemaah seperti yang telah dilakukan selama ini.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas Whisnu Caraka mengaku sebelum pindah tugas ke Banyumas, telah mendengar kabar jika Polres Banyumas sungguh luar biasa selama kepemimpinan AKBP Bambang Yudhantara Salamun. "Selama dua tahun dua bulan, tanpa cacat cela. Bukan perpindahan yang biasa, namun perpindahan yang tanpa cacat cela," kata Whisnu yang pernah menjabat kepala Bidang Humas Polda Banten pada tahun 2018 itu.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh anggota Polresta Banyumas untuk melanjutkan dan meningkatkan apa yang telah dilaksanakan selama ini. Dalam kesempatan tersebut, Whisnu meminta doa dari seluruh anggota Polresta Banyumas agar ada perubahan-perubahan yang signifikan di Polresta Banyumas.

"Apa yang telah dilakukan Kapolres yang lama, akan kami teruskan. Apabila ada kekurangan, pasti akan kami perbaiki dan kami tambahkan," kata dia yang rencananya akan menerima kenaikan pangkat menjadi komisaris besar polisi pada bulan Januari 2020.

Serah terima jabatan Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun kepada Kapolresta Banyumas AKBP Whisnu Caraka telah dilaksanakan di Mapolda Jateng, Selasa (3/12/2019) lalu, dengan dipimpin oleh Kepala Polda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel.

Sementara perubahan tipe Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas dilakukan berdasarkan surat dengan No. B/849/M.KT.01/2019 bertanggal 18 September 2019 yang ditandatangani Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin dan ditujukan kepada Kepala Kepolisian Negera Republik Indonesia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten