WGM Segera Direvitalisasi, Pemenang Lelang Diminta Bertemu Bupati Wonogiri

Pemenang lelang proyek revitalisasi WGM Wonogiri diminta bertemu dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, sebelum mengerjakan proyek.

 Dermaga perahu wisata di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri, Jumat (16/9/2022). Tempat ini menjadi salah satu lokasi yang bakal ikut dalam program revitalisasi WGM. (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

SOLOPOS.COM - Dermaga perahu wisata di objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Kabupaten Wonogiri, Jumat (16/9/2022). Tempat ini menjadi salah satu lokasi yang bakal ikut dalam program revitalisasi WGM. (Solopos.com/Luthfi Shobri M.)

Solopos.com, WONOGIRI–Revitalisasi Waduk Gajah Mungkur (WGM) zona I atau kawasan objek wisata WGM akan dimulai pada Oktober 2022 mendatang.

Pemenang lelang proyek revitalisasi tersebut diminta bertemu dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, sebelum mengerjakan proyek.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Berdasar data Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lelang proyek revitalisasi WGM zona I dimenangi PT Jaya Sempurna Sakti.

Perusahaan konstruksi asal Sukoharjo itu terpilih sebagai pemenang dari total 289 peserta yang mengikuti proses lelang.

Baca Juga: Aset di Zona I Objek Wisata WGM Wonogiri Senilai Rp1,01 Miliar

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Wonogiri, Heru Utomo, mengatakan, awal September 2022 lalu pemenang lelang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) III Jateng menyambangi objek wisata WGM. Tujuan mereka untuk mengecek kondisi aset WGM sebelum dibongkar lalu dibangun menjadi bangunan baru.

“Ada pengembangan. Misalnya, di depan pintu masuk ada aset yang kena pembongkaran sebagian. Daripada hanya dibongkar separuh, mending semua sekalian. Tamannya ditata sekalian. Jadi ada perbedaan sedikit dari Masterplan yang sudah dirancang,” kata Heru kepada Solopos.com, belum lama ini.

Selain mengecek aset, kunjungan BPPW III Jateng dan pemenang lelang juga bertujuan meninjau langsung lokasi yang bakal dikerjakan.

Heru tak menyebut tanggal pasti dimulainya revitalisasi WGM. Namun, ia memastikan hal itu segera dilakukan seusai pemenang lelang bertemu dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Baca Juga: Marak Penggunaan Branjang di WGM, Bupati Wonogiri Belum Ambil Langkah Hukum

“Ada yang ingin Pak Bupati pesankan kepada pemenang lelang. Jadi akan ada pertemuan itu dulu,” ungkapnya.

Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek membenarkan ihwal keinginan adanya pertemuan itu.

Ia ingin menyampaikan pesan supaya pengerjaan revitalisasi WGM tak meninggalkan pekerjaan rumah seperti pengerjaan proyek lainnya di Wonogiri.

Baca Juga: Razia Penggunaan Branjang di WGM Wonogiri Dilakukan 3 Kali/Tahun

Berkaca pada proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Wosusokas, 2016-2018 lalu, menimbulkan banyak persoalan di akhir pembangunan.

Utamanya karena banyak pekerja yang berutang ke warung makan milik warga, tapi tak dibayar saat proyek rampung dikerjakan.

“Kami minta jangan sampai seperti pengalaman sebelumnya. Kami minta jaminan kepada pemenang lelang untuk tidak meninggalkan utang. Dari laporan pemilik warung, ada yang kena sampai Rp3 juta, Rp8 juta, kalau dikalikan bisa ratusan juta. Itu yang kami antisipasi dan karenanya kami minta tolong pemenang lelang dipertemukan dulu dengan Pemkab agar framenya sama,” ucap Jekek kepada Solopos.com, Selasa (20/9/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Geger! Lari saat Penilangan Polisi Boyolali, 2 Pemuda Dikejar sampai Sungai

      Aparat kepolisian Polres Boyolali mengejar dua pemuda yang lari saat penilangan, Senin (26/9/2022).

      Mojo Ditutup, Jembatan Sesek Solo-Mojolaban Padat Terus sampai Menjelang Malam

      Antrean pengendara roda dua yang hendak melewati jembatan sesek Solo-Mojolaban mengular dan padat sampai menjelang malam, Senin (26/9/2022).

      PSIK Klaten Bertekad Bangkit dan Raih Poin Penuh di Laga Kandang

      PSIK Klaten dibekuk Persebi Boyolali dengan skor 2-4 saat melakoni laga perdana Liga 3 zona Jawa Tengah 2022, Minggu (25/9/2022).

      Kuota BBM Bersubsidi di Sragen Tak Cukup Sampai Akhir Tahun

      Kuota BBM Bersubsidi untuk Sragen sudah hampir 100% pada akhir Agustus 2022 lalu. Diskumindag Sragen berupaya mengajukan penambahan kuota.

      Pemuda Sidowayah Klaten Diperiksa Ihwal Ledakan di Sukoharjo, Ini Pengakuannya

      Seorang warga Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten sempat dimintai keterangan oleh Polisi terkait ledakan yang terjadi di Asrama Polisi (Aspol) Sukoharjo, Minggu (25/9/2022) malam.

      KTNA Sragen Minta Harga Pembelian Pemerintah GKP Dinaikkan Jadi Rp6.000/kg

      KTNA Sragen memprotes kenapa petani tak mendapat bantuan kompensasi kenaikan BBM sementara driver ojek, sopir angkutan umum dapat. Mereka ingin kompensasi kenaikan BBM untuk mereka adalah dengan menaikkan HPP GKP Jadi Rp6.000/kg.

      Wisata Hutan Gergunung Klaten, Ada Miniatur Menara Apam hingga Cerobong Asap

      Wisata Hutan Gergunung atau Taman 1.000 Pelangi di Klaten menawarkan keunikan dan pemandangan yang tak biasa.

      Walah, Kawasan Depan UNS Solo Macet setelah Jembatan Mojo Ditutup

      Arus lalu lintas di Jl Ir Sutami kawasan depan kampus UNS Solo macet pada jam pulang kerja hari pertama Jembatan Jurug B dan Jembatan Mojo ditutup bersamaan, Senin (26/9/2022).

      Pantai Banyutowo Paranggupito Wonogiri, Tempat Bertemunya Air Sungai dan Laut

      Terletak di tepi selatan Pulau Jawa, Wonogiri mempunyai banyak pantai yang masih asri dan belum banyak di ketahui oleh orang luar.

      Rantai Bisnis Perdagangan Anjing di Solo, Daerah Pemasok Masih Endemik Rabies

      Pasokan dalam bisnis perdagangan anjing di Solo berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat yang menurut data Kemenkes masih berstatus endemik rabies.

      Jalan Sunyi Handojo Santosa dan Ancaman Bahaya di Balik Manisnya Minuman Ringan

      Menyandang status sebagai konglomerat, Handojo Santosa memiliki berbagai kemewahan untuk menjadi orang besar, terkemuka dan berkuasa. Namun, wajahnya tergolong jarang tampil di hadapan media massa. Ia memilih jalan sunyi sebagai pemimpin yang melayani.

      2 Tahun Hilang, KTNA Sragen Tuntut ZA dan SP-36 Kembali Jadi Pupuk Bersubsidi

      Permentan yang baru menghilangkan NPK dan SP-36 dalam daftar pupuk yang disubsidi pemerintah. KTNA Sragen agar kedua pupuk itu dikembalikan sebagai pupuk bersubsidi.

      Warga Sukoharjo Sesalkan Perbaikan Jembatan Mojo dan Jurug Dilakukan Bersamaan

      Warga menyayangkan perbaikan jembatan Mojo dan jembatan Jurug yang dikerjakan secara bersamaan.

      PTSL di Wonogiri Jangkau 79.684 Bidang Tanah, Ini Mekanisme Pendaftarannya

      Kantor Pertanahan Wonogiri Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional telah menerbitkan sertifikat untuk 79.684 bidang tanah sejak 2017 hingga sekarang.

      Polres Karanganyar Ungkap 5 Kasus Curanmor dalam 2 Pekan

      Operasi Sikat Jaran Candi 2022 yang digelar pada akhir Agustus hingga pertengahan September 2022 lalu berhasil mengungkap lima kasus curanmor.