WGM Bisa Masuk Paket Wisata Perbukitan Wonogiri Asalkan...
Para pengunjung menikmati suasana di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM), Desa Sendang, Wonogiri. Foto diambil beberapa waktu yang lalu. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menyambut baik rencana Pemerintah Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, menggabungkan Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) ke dalam paket wisata desa.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (DKOP) Wonogiri, Sentot Sujarwoko, saat ditemui solopos.com di kantornya, Kamis (4/6/2020), mengatakan kerja sama memungkinkan selama kunjungan paket wisata rutin tiap pekan.

Bahkan, apabila Pemdes Sendang mengajukan keringanan harga tiket masuk khusus bagi pengunjung paket wisata Wonogiri pun memungkinkan dikabulkan.

Begini Cara DLH Sragen Atasi Persoalan Sampah Pasien Covid-19

Menurut Sentot, usaha wisata dalam bentuk paket peluang menjanjikan. Namun, merealisasikan paket wisata banyak tantangannya.

Promosi ke Luar Daerah

Pengelola, ungkap dia, harus memiliki jaringan luas, terutama untuk promosi hingga ke luar daerah.

“Selain itu perlu ada inovasi di objek wisata, misalnya ada pertunjukan seni budaya. Jadi tak semata menyajikan wisata alam,” kata Sentot.

Berpotensi Tangkal Virus Corona, Tiga Tanaman Ini Diteliti LIPI

Belum lagi, dia melanjutkan, perlu ada persiapan transportasi pengangkut pengunjung paket wisata Wonogiri. Pengelola dapat menggandeng biro travel atau pengadaan armada secara mandiri.

Konsumsi pengunjung pun perlu diperhatikan. Semua elemen itu mesti dipikirkan karena memengaruhi penghitungan tiket masuk.

Sebelumnya, Pemdes Sendang saat ini merintis paket wisata desa. Paket wisata itu menawarkan kunjungan ke destinasi wisata berbeda dari yang sudah ada di Sendang.

Selain dapat mengunjungi wisata alam di Watu Cenik dan Puncak Joglo, pengunjung paket wisata dapat menikmati suasana perdesaan dengan cara berkeliling melalui jalan lingkar desa (JLD) sejauh lebih kurang 9 km.

Jelang Liga 2 Bergulir, Dua Penggawa Persis Solo Ikuti Tarkam di Mojolaban Sukoharjo

Selama perjalanan pengunjung dapat mengunjungi sejumlah goa atau song di tepi jalan desa, kuliner tradisional, tempat-tempat bernilai sejarah lokal desa, pemandangan perbukitan indah, udara berembus dingin, dan sebagainya.

Truk Modifikasi

Kades Sendang, Sukamto, mengaku sudah mempunyai konsep. Dia juga akan memanfaatkan jaringan untuk menarik pengunjung dari berbagai daerah.

Ihwal transportasi, Pemdes akan menyiapkan truk yang dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga bisa mengangkut pengunjung.

Apabila pengunjung menghendaki menumpangi mobil pribadi pun pengelola tak mempermasalahkan. Kades menargetkan paket wisata desa Wonogiri terealisasi 2021 mendatang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho