West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

 Chelsea (Twitter)

SOLOPOS.COM - Chelsea (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA — West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2 di Stadion Olimpiade London, Sabtu (4/12/2021).

Torehan tersebut membuat West Ham jadi tim pertama yang mencetak lebih dari satu gol ke gawang Chelsea setelah 22 pertandingan Liga Inggris sejak musim lalu.

Gol-gol West Ham dicetak oleh Manuel Lanzini, Jarrod Bowen dan Arthur Masuaku, membalikkan keadaan setelah Chelsea dua kali sempat memimpin lewat Thiago Silva dan Mason Mount.

Kemenangan mengamankan posisi West Ham di empat besar di mana mereka menempati peringkat keempat dengan 27 poin, unggul empat poin atas Arsenal.

Baca Juga: Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Seperti dilansir Antara dari laman resmi Liga Inggris, Chelsea, yang gagal menambah raihan 33 poin, terancam dikudeta dari puncak klasemen oleh Manchester City (32) atau Liverpool (31) yang baru main dalam laga lebih larut.

Thiago Silva membuka keunggulan Chelsea, yang tampil banyak mengendalikan bola sejak sepak mula, dengan melompat paling tinggi di dalam kotak penalti untuk menanduk umpan sepak pojok kiriman Mount pada menit ke-28.

Pada menit ke-38, Jorginho yang pekan lalu membukukan blunder kembali melakukan kesalahan saat umpan baliknya terlalu pendek dan memaksa Mendy menjatuhkan Jarrod Bowen di dalam kotak terlarang, sehingga wasit Andre Marriner segera menunjuk titik putih.

Hadiah tendangan penalti tak disia-siakan oleh Lanzini yang jadi algojo dan dengan tenang memperdaya Mendy untuk membuat kedudukan imbang pada menit ke-40.

Namun, semenit jelang turun minum Chelsea sukses merestorasi keunggulan mereka memanfaatkan serangan balik cepat yang diakhiri sepakan voli Mount menyambut umpan jauh Hakim Ziyech.

Baca Juga: Hasil Liga Inggris: Tottenham Hotspur Bekuk Brentford 2-0

Turun minum dalam keadaan tertinggal, West Ham langsung berusaha memukul balik tamunya di babak kedua dan hasilnya pada menit ke-56 Bowen sukses membuat kedudukan kembali imbang 2-2.

Berawal dari aksi Michail Antonio memenangi duel udara di tepian kotak penalti Chelsea, bola jatuh di hadapan Bowen yang langsung melepaskan tembakan keras melewati kaki Andreas Christensen dan bersarang ke dalam gawang tim tamu.

Chelsea berusaha bangkit, tapi West Ham mampu meredam gelombang serangan tim tamu guna menjaga skor 3-2 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Di pertandingan selanjutnya, West Ham akan bertandang ke Turf Moor menghadapi Burnley pada Minggu (12/12/2021) pekan depan, sehari setelah Chelsea menjamu Leeds United di Stamford Bridge.

Sebelum itu kedua tim bakal lebih dulu tampil di Eropa saat Chelsea bertamu ke Rusia melawan Zenit St. Petersburg dalam laga pemungkas Grup H Liga Champions pada Rabu (8/12/2021) dan sehari berselang West Ham menjamu Dinamo Zagreb di London untuk menutup Grup H Liga Europa.

Baca Juga: Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Kemenangan Dramatis Liverpool

Di pertandingan lain, Divock Origi mengantarkan kemenangan bagi Liverpool seusai mengalahkan Wolverhampton 1-0 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Molineux, Sabtu.

Origi yang baru masuk pada menit ke-68 menggantikan Diogo Jota menjadi jawaban atas mandulnya penyelesaian akhir Liverpool meski tim besutan Juergen Klopp itu mendominasi nyaris 67 persen penguasaan bola.

Penyerang asal Belgia itu membukukan kemenangan yang dramatis untuk Liverpool dengan mencetak golnya pada menit keempat injury time, memanfaatkan umpan tarik dari Mohamed Salah.

Berawal dari bola jauh yang dikendalikan dan diteruskan oleh Salah jadi umpan tarik akurat, Origi melakukan satu sentuhan sebelum memutarkan badannya dan melepaskan tembakan akurat yang mengoyak gawang Wolverhampton.

Baca Juga: Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Setelah babak pertama dibuat frustrasi oleh koordinasi lini pertahanan Wolverhampton yang teramat disiplin, Liverpool seharusnya bisa membuka peluang pada menit ke-60 melalui Jota.

Berawal dari miskomunikasi antara kiper Jose Sa dan Raomain Saiss, bola jatuh kepada Jota yang merangsek ke muka gawang yang ditutupi Conor Coady dan Maximillian Kilman.

Bukannya melepaskan tembakan ke pojok-pojok gawang yang kosong, Jota malah mengarahkan bola ke tengah dan dihalau secara heroik oleh Coady.

Pun demikian, Jota patut bersuka cita sebab kegagalannya bisa ditebus oleh Origi yang mempersembahkan kemenangan dramatis bagi Liverpool, yang memperpanjang catatan nirkalah di Molineux sejak 1981.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Kemenangan ini membuat Liverpool sempat mengambil alih posisi puncak dengan koleksi 34 poin, menyalip Chelsea (33) yang kalah di laga lebih dini. Namun kemenangan Liverpool dikudeta Manchester City tak lama kemudian. Sedangkan Wolverhampton tertahan di urutan kedelapan dengan 21 poin.

Kedua tim memainkan pertandingan lanjutan Liga Inggris mereka pada Sabtu (11/12/2021) pekan depan, saat Liverpool menjamu Aston Villa di Anfield dan Wolverhampton bertandang ke Etihad menghadapi juara bertahan Manchester City.

Sebelum itu, pada Selasa (7/12/2021), Liverpool bakal terlebih dulu terbang ke San Siro menuntaskan laga penyisihan Grup B Liga Champions melawan AC Milan.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Arhan & Dewangga Dapat Panggilan Timnas untuk FIFA Matchday

Dua pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga, mendapat panggilan Timnas Indonesia untuk menghadapi FIFA Matchday.

Pembalap Dorna Sports Ogah Dikarantina, IDI: Tak Ada Kecuali!

Diketahui, Indonesia akan menyelenggarakan ajang balap MotoGP di Mandalika tahun 2022 ini.

Gibran Ajukan Solo Jadi Tuan Rumah Liga 1 Lagi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali mengajukan Stadion Manahan Solo sebagai venue Liga 1.

Duh! Moto GP Mandalika Bisa Terancam Gegara Aturan Karantina

Baru-baru ini, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyatakan tak mau menggelar balapan di negara yang menerapkan karantina untuk pembalap hingga kru.

Mengingat Lagi Maskot Persis Solo Juna si Alap-Alap

Persis Solo memiliki sebuah maskot berbentuk burung alap-alap kawah. Maskot ini sempat rutin berada di pinggir lapangan saat Laskar Sambernyawa bermain.

West Bandits Solo Menang Lagi, Begini Respons Gibran

West Bandits Combiphar Solo mencatat kemenangan telak atas Prawira Bandung dengan skor 77-57 pada hari ketiga IBL Tokopedia 2022.

Duh! Eks Striker Persis Solo Beto Goncalves Jadi Korban Penjambretan

Mantan penyerang Persis Solo, Alberto Goncalves atau yang akrab disapa Beto, menjadi korban penjabretan saat berada di Bali.

Daftar Lengkap Pemain Persis Youth: Jebolan Klub Belanda hingga Kroasia

Skuad junior Persis Solo yang tergabung dalam Persis Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA).

Piala Wali Kota Solo Diikuti Tim Liga 1, Gibran: Lha Persis Wis Promosi

Piala Wali Kota Solo rencananya akan tetap digelar setelah sempat tertunda. Peserta turnamen tersebut kemungkinan berubah yakni hanya tim yang berlaga di kompetisi BRI Liga 1.

DBL Kembali Bergulir, Solo Jadi Tuan Rumah

Honda DBL Central Java Series kompetisi basket antarpelajar SMA bakal digelar Sritex Arena, 27 Januari hingga 5 Februari 2022.

Piala Wali Kota Solo Tetap Digelar, Tim Atta Halilintar Absen

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berencana tetap menggelar Piala Wali Kota Solo yang sebelumnya sempat tertunda karena lonjakan kasus Covid-19.

Ini Dia Pemain Persis Youth yang Pernah Berkarier di Liga Belanda

Persis Solo Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA). Dalam daftar skuad yang terbentuk, terdapat sejumlah pemain yang berpengalaman di kancah Eropa.

PSSI Tegaskan Posisi Shin Tae-yong Aman

Nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sempat dikhawatirkan oleh sejumlah pecinta sepak bola Indonesia menyusul pernyataan dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro.

Skuad Mentereng Persis Solo Youth, Jebolan Timnas hingga Liga Luar

Skuad junior Persis Solo yang tergabung dalam Persis Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA).

Heboh Anggota Exco PSSI Kritik Shin Tae-yong hingga Tersinggung

Anggota Exco PSSI, Haruna Soemtiro, tengah menjadi perbincangan di dunia maya setelah dirinya mengkritik pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.