SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

Wonogiri (Solopos.com)–Serangan hama wereng coklat kembali merebak dan makin meluas di lahan pertanian Wonogiri. Pengamatan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) selama dua pekan terakhir, serangan itu terjadi di delapan kecamatan. Luasnya mencapai 511,5 hektare, dan 15 hektare di antaranya puso.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator petugas pengamat hama dan penyakit (PHP) Dinas PTPH, Subagiyono, mewakili Kepala Dinas PTPH, Guruh Santoso, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (20/5/2011) mengungkapkan kali ini wereng menyerang tanaman yang sudah hampir panen. Rata-rata umurnya 90-95 hari.

“Dari pengamatan kami, serangan kali ini meluas ke daerah selatan. Ada beberapa kecamatan seperti Baturetno, Wuryantoro, Baturwarno, Giriwoyo, Karangtengah dan Eromoko, yang tadinya aman, musim tanam ini ikut terserang. Sebelumnya, paling banyak di Selogiri dan Wonogiri, meskipun sempat pula merambah wilayah timur,” kata Subagiyono.

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya