SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merespons positif Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) 2023 di Solo yang berlangsung pada 15-22 Desember 2023. Porseni NU tidak hanya menggelar perhelatan olahraga namun UMKM warga Solo.

Gibran menyebut perhelatan Porseni NU 2023 ini memiliki dampak luar biasa bagi Kota Solo. Banyaknya orang yang datang dan terlibat dalam Porseni NU membuat warga Kota Solo dapat kecipratan berkah.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

“Ya bagus. Semuanya kecipratan, banyak pendatang. Apalagi ini kan acaranya lama sampai satu mingguan lebih, sehingga punya multiplier effect dampak luar biasa sekali,” kata Gibran kepada wartawan di sela-sela acara Welcome Dinner di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (15/1/2023) malam.

Ketua Panitia Pelaksana Porseni NU 2023 Nusron Wahid melaporkan, total atlet yang mengikuti Porseni NU ini sebanyak 3.467 orang. Namun, apabila ditotal dengan tim ofisial, penonton, dan tamu undangan yang hadir berjumlah 6.894 orang.

Di dalam rangkaian Porseni NU ini ada pula acara sampingan, yakni festival kuliner dan bazar UMKM yang digelar di halaman Pura Mangkunegaran, mulai Senin (16/1/2023) pagi hingga Sabtu (21/1/2023).

Di dalam event itu juga ada lomba mewarnai logo NU untuk kalangan PAUD/TK/RA se-Soloraya yang diikuti sebanyak 1.200 peserta. Lalu ada lomba paduan suara dengan pilihan lagu Indonesia Raya, Ya Lal Wathan, atau selawatan dengan total peserta 120 orang.

“Puncaknya kami mohon maaf, merepotkan, nanti tanggal 22 Januari pada pukul 05.30 kita akan melaksanakan jalan sehat menuju 1 abad NU yang akan diikuti pelajar, santri, mahasiswa. Yang sudah terdaftar, ada 47.250 pelajar santri dan mahasiswa se-Jateng dan DIY,” ucap Nusron.

Acara Welcome Dinner ini dimeriahkan oleh penampilan tari Handogo Bugis yang dibawakan Dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Aminudin dan Sriyadi.

Hadir pula Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar memberikan mauizoh hasanah untuk para atlet Porseni NU yang akan bertanding. Wakil Rais Aam PBNU KH Anwar Iskandar membaca doa penutup acara.

Acara yang dimulai dengan makan bersama ini dihadiri oleh seluruh perwakilan PWNU se-Indonesia, jajaran PWNU Jawa Tengah, manajer kontingen, dan perwakilan atlet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya