SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wedang secang sering dikonsumsi karena dapat menghangatkan badan. Ternyata minuman yang berasal dari rempah-rempah ini juga memiliki khasiat mengatasi asam urat.

Konsultan sekaligus pemiliki toko herbal Suka Herbal, Azinuddin Syaiful Haq, menjelaskan asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Menurut dia, wedang secang bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan penyakit tersebut.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Hal ini pastinya tidak terlepas dari bahan yang digunakan, yakni jahe, cengkih, kayumanis, serai, kapulaga, dan kayu secang. Bahan-bahan tersebut umumnya mengandung berbagai senyawa antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja, di Jalan Nusa Indah No. 7, Condongcatur, Depok, Sleman, Minggu (2/10).

Ekspedisi Mudik 2024

Cara pembuatan wedang secang, katanya, sangatlah mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain dua rimpang jahe, dua batang serai, 10 bunga cengkih kering, dua buah kapulaga, 10 potong kulit kayu manis, dan serutan kayu secang.

Semua bahan diseduh dengan air panas secukupnya. Minuman ini akan berwarna kemerahan, berasa manis, dan beraroma khas rempah.

“Wedang secang panas sangat cocok dinikmati di malam hari, sedangkan di siang hari cocok disuguhkan dalam keadaan dingin. Rasa hangat akan menjalar ke seluruh tubuh, sesaat setelah menikmati secangkir wedang secang,” ujarnya.

Keunggulan minuman tradisional ini dibandingkan dengan jenis minuman lainnya adalah secara alami mengandung senyawa antioksidan, antimikroba, antibiotik, dan senyawa aktif lainnya. Karena itu, minuman yang terbuat dari rempah-rempah dapat dikategorikan sebagai minuman yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

“Untuk mempercepat penyembuhan, dianjurkan penderita asam urat menghindari makanan yang dapat merangsang pembentukan asam urat. Makanan itu antara lain yang mempunyai kadar karbohidrat dan protein tinggi, semacam kacang-kacangan, emping atau melinjo, jeroan, ikan dan coklat,” ujar dia.

Selain itu, ada baiknya hindari minuman yang mengandung kafein seperti, kopi, teh, dan cola. Jika dalam darah kadar alkaloida ini cukup tinggi, maka dengan adanya enzim ksantin oksidase akan terbentuk asam urat.(Wartawan Harian Jogja/Kharisma Ayu Febriana)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya