Wedang jahe bisa jadi obat jerawat

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

(thinkstock)

Jakarta (Solopos.ccom)--Wedang jahe biasanya sering diminum pada saat musim dingin untuk menghangatkan badan. Tak hanya itu, wedang jahe juga ternyata bisa dijadikan obat jerawat. Bagaimana caranya?

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Jerawat merupakan suatu kondisi peradangan. Nicholas Perricone, dermatologist dan penulis The Acne Prescription mengatakan bahwa sangat penting membuat perubahan pola makan untuk mengendalikan peradangan pada kulit tersebut.

Jahe telah dikenal sebagai obat anti-inflamasi (anti peradangan). Jahe yang merupakan rimpang atau batang bawah tanah ini mengandung beberapa bahan kimia yang melawan peradangan seperti gingerol, shogaol dan enzim zingibain, seperti dilansir Livestrong, Selasa (6/9/2011).

Dengan mata telanjang, dermatologist dapat melihat tanda-tanda peradangan pada jerawat, seperti kemerahan dan pembengkakan. Peradangan sangat parah bisa menyebabkan cystic acne, yang ditandai dengan kelembutan, bengkak, kista berisi nanah.

Meski tidak ada studi tentang efek jahe pada peradangan jerawat, ada banyak studi tentang efek jahe pada peradangan kondisi lain seperti arthritis dan diabetes tipe 2. Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition pada tahun 2011, peneliti menemukan bahwa gingerol dan shogaol dapat menghambat proses inflamasi pada diabetes.

Tak ada standar khusus membuat wedang jahe untuk obat jerawat. Tetapi University of Maryland Medical Center merekomendasikan tidak boleh mengonsumsi lebih dari 4 g jahe setiap hari.

Mengonsumsi jahe melebihi dosis tersebut dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi mulut, mulas ringan atau diare. Cara terbaik adalah gunakan rimpang jahe untuk membuat teh atau wedang, bukan jahe bubuk, karena rimpang jahe mengandung lebih banyak bahan aktif yang dapat bermanfaat untuk dijadikan obat jerawat.

Ada beberapa cara membuat wedang jahe, pertama dengan memasukkan parutan jahe ke dalam cangkir yang kemudian di seduh dengan air mendidih diatasnya. Cara lain dengan memasukkan irisan atau potongan jahe ke dalam panci berisi dan dididihkan hingga air berubah warna menjadi kuning keemasan.

Tak hanya dijadikan obat jerawat, jahe juga sudah lama dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat jahe antara lain:

1. Meringankan mual, mulas dan diare.
2. Mengobati radang sendi
3. Mengobati gangguan pencernaan
4. Meringankan efek samping kemoterapi
5. Mencegah pembekuan darah
6. Menurunkan kolesterol jahat.

(detik.com/tiw)

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Bisnis Cuan Budi Daya Jamur Tiram di Klaten, Omzet Rp28,8 Juta/Bulan

      Warga Desa Candi Rejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, Dayat, mengembangkan budi daya jamur tiram untuk meraup pundi-pundi rupiah.

      Ini Sejumlah Tradisi Lama di Gunung Lawu yang Masih Dilaksanakan

      Masyarakat di lereng Gunung Lawu masih melestarikan sejumlah tradisi ritual lama yang diwariskan oleh leluhur.

      Persis Solo Kehilangan 4 Pilar Jelang Hadapi Persita, Siapa Saja?

      4 Pilar Persis Solo tak bisa diturunkan saat menghadapi Persita Nanti karena cedera.

      Baru Muncul ke Publik, Istri Mas Bechi Ternyata Habis Melahirkan

      Durottun Mahsunnah, istri Mas Bechi, terdakwa kasus pencabulan santriwati di Jombang, mengaku baru bisa muncul di depan publik karena baru saja melahirkan anak keempat.

      Sempat Buron, Pembunuh Siswa SD di Kelas Berhasil Ditangkap

      Tersangka pembunuh siswa SD itu ditangkap di kawasan Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Jumat malam (12/8/2022).

      Kalah dari Persib Bandung, Begini Komentar Pelatih PSIS Semarang

      Pelatih PSIS Semarang, Sergio Alexandre, menilai pemainnya sudah tampil bagus meski kalah dari Persib Bandung dengan skor 1-2 pada laga di Stadion GBLA, Bandung, Sabtu (13/8/2022).

      Pengumuman Penting! CFS Wonogiri 14 Agustus 2022 Ditiadakan

      Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri memutuskan untuk sementara waktu meniadakan car free sunday (CFS), Minggu (14/8/2022).

      Seorang Lansia di Grobogan Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai

      Seorang pria lansia ditemukan meninggal di pinggir sungai di Dusun Buduran, Desa Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Grobogan.

      Bawaslu Jateng Surati Gubernur, Pangdam, dan Kapolda, Ada Apa?

      Bawaslu Jateng menyurati Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, dan Pangdam IV Diponegoro agar mengingatkan jajarannya untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

      Solo Batik Carnival Bakal Kembali Digelar, Kali Ini di 2 Dunia

      Solo Batik Carnival (SBC) akan kembali digelar di Kota Solo setelah dua tahun terhenti. SBC kali ke-13 ini akan digelar pula di dunia maya melalui aplikasi Kotamaya.

      Terancam Penjara 4 Tahun, Ini Pasal yang Bisa Menjerat Putri Sambo

      Jika terbukti memberikan laporan palsu, Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo terancam hukuman empat tahun penjara.

      Toyota Hadirkan Mobil Konsel LF-Z Electrified di Ajang GIIAS 2022

      Ajang GIIAS 2022, Toyota membawa kendaraan konsep LF-Z Electrified Concept dan Asia Premiere of The All New Lexus RX.

      Gol Throw In Dewangga Dianulir, Persib Bandung Raih Kemenangan Perdana

      Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan perdana pada Liga 1 musim 2022/2023 setelah menundukkan PSIS Semarang dengan skor 2-1.

      Saat Dituduh Melecehkan, Brigadir J Berada di Luar Rumah Ferdy Sambo

      Semua saksi yang diperiksa Bareskrim menyatakan Brigadir J tidak berada di dalam rumah Ferdy Sambo di Kompleks Duren Tiga, Jakarta Selatan, sebelum kejadian.

      Persis Solo Vs Persita: (Masih) Menanti Pembuktian Jacksen Tiago

      Pelatih Persis Solo, Jacksen Fereirra Tiago, sebelum laga menyampaikan dengan kehadiran dua pemain asing baru yakni Fernando Rodriguez dan Ryo Matsumura diharapkan dapat membantu persiapan tim.