SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Universitas Indonesia meraih peringkat pertama di Indonesia dan ke-12 di Asia Tenggara sebagai perguruan tinggi dengan website terbaik.

“Berdasarkan penilaian Webometrics Ranking of World Universities yang dikeluarkan pada 31 Juli 2011, www.ui.ac.id berhasil memperoleh peringkat pertama di Indonesia dan ke-12 di Asia Tenggara,” kata Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, dalam rilisnya hari ini, (2/8).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menuturkan www.ui.ac.id berhasil memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri dari empat indikator, yaitu size (bobot 20%) berupa jumlah laman yang terhubung oleh empat search engines yaitu Google, Yahoo, Live Search/Bing dan Exalead.

Indikator berikutnya adalah visibility (bobot 50%), yang mengukur jumlah total tautan eksternal yang diterima. Yang ketiga adalah rich files (bobot 15%), dilihat dari jumlah muatan file (seperti Adobe Acrobat, PostScript, Microsoft Word dan Microsoft Power Point) dalam website universitas, dan terindeks oleh Google.

Indikator keempat, tambahnya, adalah scholar (bobot 15%) yang mengukur jumlah karya ilmiah dan rujukan di Google Scholar.

Selain UI, ujar Vishnu, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam Top South East Asia versi Webometric adalah Institut Teknologi Bandung (peringkat 16), Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (ke-18), Universitas Gunadarma (ke-19), dan Institut Pertanian Bogor (ke-31).

Dia menuturkan Webometrics merupakan sistem perankingan universitas sedunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric Lab Spanyol dengan menilai lebih dari 20.000 website perguruan tinggi di dunia.

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi web, mendukung inisiatif open access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya.

“Keberhasilan UI dalam meningkatkan kualitas website diharapkan dapat mendukung perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia yang berbasis teknologi informasi, serta dapat diakses oleh masyarakat Indonesia dan dunia,” ujar Vishnu.

Pada tahun ini, lanjutnya, selain sebagai peringkat pertama laman terbaik perguruan tinggi di Indonesia versi Webometric, UI juga satu-satunya perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam 10 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara, dengan menempati peringkat keenam versi lembaga pemeringkatan kelas dunia, QS Asian Top Universities pada Mei 2011.(JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmayulis Saleh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya