Tampilan halamanutama website DLH Solo yang diretas. (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO -- Website resmi milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo diretas, Rabu (5/12/2018). Tampilan laman yang beralamat di dlh.surakarta.go.id itu berubah.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tampilan halaman utama website tersebut yang semula bewarna putih kombinasi hijau menjadi hitam dengan gambar animasi yang di bawahnya terdapat tulisan Hacked by Tatsumi Crew.

Selain itu ada tulisan panjang berupa puisi yang menyiratkan kesedihan. Menurut praktisi keamanan berinternet asal Solo, Aditya, website DLH mengalami serangan deface. Deface adalah salah satu kegiatan mengubah tampilan suatu website baik halaman utama (index) ataupun halaman lain yang masih terkait dalam satu url dengan website tersebut.

Tekniknya mengganti atau menyisipkan file pada server. “Teknik ini bisa dilakukan karena terdapat celah keamanan yang memungkinkan untuk diserang. Sistem keamanan website itu terlalu lemah sehingga bisa dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab, salah satunya dengan mengubah tampilan jadi semau dia,” kata dia.

website DLH solo diretasTampilan laman website DLH Solo yang diretas. (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Menurut Adit, peretasan pada website pemerintah bukan kali pertama ini terjadi. Seringnya peretasan terjadi lantaran website pemerintah memiliki celah keamanan yang longgar.

Admin website hanya mengunggah atau mengisi konten dan jarang melakukan pembaruan keamanan. “Admin website sebaiknya memiliki kewaspadaan terhadap celah-celah keamanan. Kadang setelah website terinstall, mereka membiarkan begitu saja sehingga website jadi seperti rumah tanpa pagar,” kata dia.

Kepala DLH Solo, Sri Wardhani Poerbowidjojo, mengatakan website yang mengalami deface adalah laman lama yang masih bisa diakses tapi tidak ada update. DLH telah memiliki url baru di dlh.surakarta.go.id/new/.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten