SOLOPOS.COM - Website dari Pemkab Boyolali yang menyediakan informasi harga pangan.

Pemkab Boyolali menyediakan website berisi informasi harga pangan yang bisa diakses masyarakat.

Solopos.com, BOYOLALI — Masyarakat yang ingin mengetahui harga bahan pokok di Boyolali tak harus pergi ke pasar. Pemkab menyediakan layanan informasi harga pangan melalui website pangan.boyolali.go.id.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sejak akhir 2016, Pemkab Boyolali menugaskan petugas di setiap kecamatan untuk melakukan survei ke pasar-pasar utama di wilayah mereka. Survei meliputi pantauan harga komoditas pangan seperti beras, jagung, kedelai, kacang hijau, kacang tanah, ketela pohon, daging ayam, daging sapi, telur, susu segar, ikan segar, serta beberapa jenis buah-buahan dan sayuran.

Hasil survei tersebut dikumpulkan dan dilaporkan langsung ke Dinas Ketahanan Pangan Boyolali. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Boyolali Bambang Purwadi mengatakan selanjutnya data tersebut diolah menjadi harga rata-rata komoditas pangan di Boyolali.

“Setiap hari ada petugas di masing-masing kecamatan yang menyurvei harga komoditas bahan pokok dan pangan tertentu ke pasar-pasar utama yang ada di wilayah masing-masing. Lalu hasil survei itu dikirimkan ke sini [Dinas Ketahanan Pangan] untuk dirata-rata,” ujarnya saat ditemui wartawan di ruangannya, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, data tersebut diunggah ke website pangan.boyolali.go.id milik Dinas Ketahanan Pangan sehingga bisa diakses masyarakat luas. “Karena sudah diunggah, siapa saja bisa mengaksesnya.”

Bambang menambahkan inovasi tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab memudahkan warga dalam mendapatkan informasi harga komoditas pangan khususnya untuk harga rata-rata di Boyolali. “Selain itu, harga itu juga bisa dijadikan perbandingan dengan daerah lain. Ini akan memudahkan mereka yang ingin mengetahui perbedaan harga.”

Saat Solopos.com menelusuri website tersebut, Jumat (9/6/2017), pada menu Harga Pangan, tersaji 31 komoditas kebutuhan pokok dan komoditas pangan lainnya, lengkap dengan harganya yang di-update pada hari yang sama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya