Webinar Internasional hingga Membatik 12 Jam dalam Batik Art Festival 2022

Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.

 Peragaan busana tata busana Jawi oleh Pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta yang menampilkan busana-busana yang dipakai di Keraton Surakarta, dalam pembukaan BAF 2022, di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jumat (30/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

SOLOPOS.COM - Peragaan busana tata busana Jawi oleh Pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta yang menampilkan busana-busana yang dipakai di Keraton Surakarta, dalam pembukaan BAF 2022, di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jumat (30/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Event Batik Art Fest (BAF) kembali digelar tahun ini, Jumat (30/9/2022). Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.

BAF 2022 dibuka secara resmi di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, oleh Wakil Rektor Bidang I, Bambang Sunarto.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Ketua Pelaksana BAF 2022, Danang Priyanto, menyampaikan BAF 2022 merupakan BAF yang kali kelima digelar. Acara yang dibuka pada Jumat (30/9/2022) tersebut akan berlangsung hingga Sabtu (1/10/2022).

Ada berbagai kegiatan yang disajikan dalam BAF 2022. “Pada pembuakaan ini dihadiri dari pihak pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta, kemudian ada perwakilan dari enam perguruan tinggi di Indonesia. Selain ISI Surakarta ada ISI Yogyakarta, ISI Padang, ISBI Bandung, ITS Pekalongan serta UNS. Kemudian ada Duta Wisata Jateng dan Putra-Putri Solo,” kata dia, Jumat.

Pada pembukaan tersebut juga dilakukan penandatangan kerja sama di antara enam prodi di enam perguruan tinggi tersebut, dalam hal Tri Darma Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Ada Festival Wayang Bocah hingga Parkli Creative Festival

Peragaan busana tata busana Jawi oleh Pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta yang menampilkan busana-busana yang dipakai di Keraton Surakarta, dalam pembukaan BAF 2022, di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jumat (30/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Peragaan busana tata busana Jawi oleh Pawiyatan Keraton Kasunanan Surakarta yang menampilkan busana-busana yang dipakai di Keraton Surakarta, dalam pembukaan BAF 2022, di Pendhopo Ageng GPH Joyokusumo Kampus 1 Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Jumat (30/9/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Keterlibatan enam perguruan tinggi dalam ajang BAF 2022 menurutnya merupakan salah satu pembeda dari pelaksanaan BAF sebelum-sebelumnya.

Belum lagi di tahun ini juga digelar webinar internasional yang melibatkan empat negara, yakni Indonesia, Karibia, Jepang Dan Mesir. Webinar tersebut membahas mengenai batik dan seni pada umumnya.

“BAF kali ini juga kami gelar membatik 12 jam, yang menjadi ikon kami. Ada empat mahasiswa dari Prodi Desain Mode Batik ISI Surakarta yang membatik selama 12 jam, sampai malam nanti,” kata dia.

Baca Juga: Konser Mahambara Gamelan Iringi Selebrasi Penyerahan Sertifikat UNESCO

Selain itu ada kegiatan lain seperti pameran batik, fashion show, workshop membuatan canting dan batik cap serta ada kegiatan bersama desainer tamu, yakni Tuty Adib, Ucok M. Sirait, Saifuddin Aulya Akhsan, Owens Joe dan Fafa Utami.

Wakil Rektor Bidang I ISI Surakarta, Bambang Sunarto, dalam sambutannya menyampaikan pameran yang digelar pada dasarnya adalah rangkaian dari BAF yang dilaksanakan satu kali dalam dua tahun oleh Prodi Desain Mode Batik Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakarta.

“Pameran ini untuk menampilkan batik karya-karya mahasiswa, dosen maupun alumni kepada masyarakat luas. Sekaligus sebagai pertanggungjawaban kami dalam proses pembelajaran. BAF juga digelar dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tiket Murah Meriah, Berikut Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Minggu (4/12/2022).

      Fantasis, Deretan Gaji Tertinggi di 5 BUMN Terkemuka di Indonesia

      Berikut adalah deretan gaji tertinggi di lima BUMN terkemuka di Tanah Air.

      Pencari Kerja Merapat! Berikut Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2

      Berikut adalah persyaratan dan cara daftar rekrutmen bersama BUMN.

      Sinergi PLN dengan Pemerintah & Industri Siap Sambut Investor di Jateng-DIY

      PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta (DIY) sukses menggelar Priority Customer Gathering di Harris Hotel Semarang, Jumat (2/12/2022).

      Kabar Baik! Penyaluran KUR 2023 Naik 20 Persen Jadi Rp450 Triliun

      Pemerintah bakal menaikkan kredit usaha rakyat (KUR) menjadi Rp450 triliun pada tahun depan.

      Dunia Bisnis Cepat Berubah, Pebisnis Harus Berpikir Cerdas

      Di era digital seperti saat ini para entrepreneur atau pebisnis dituntut untuk berpikir cerdas dan tepat.

      Para Jurnalis Merapat! Ikuti Lomba Menulis Puncak HUT ke-65 Astra di Bali

      Astra mengajak rekan-rekan media untuk turut serta menjadi bagian dari keseruan HUT ke-65 Astra dengan mengikuti Lomba Menulis Artikel HUT ke-65 Astra wilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Indonesia Bagian Timur.

      Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini, Sabtu 3 Desember 2022

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Sabtu (3/12/2022).

      Sri Mulyani: Sektor UMKM sudah Pulih ke Level Prapandemi

      Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyampaikan aktivitas sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin bergeliat sejalan dengan pemulihan ekonomi Indonesia yang semakin kuat.

      Puncak Perayaan HUT ke-65 Astra, Hadirkan Sosok Inspiratif di Bidang Kesehatan

      Astra menutup perayaan HUT ke-65 dengan menampilkan tayangan inspiratif melalui platform digital 65tahunastra.jagat.live pada Jumat-Minggu (2-4/12/2022).

      Lowongan CPNS 2023 akan Dibuka, Para Pencari Kerja Merapat!

      Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) disebut-sebut akan dibuka kembali oleh pemerintah pada 2023 mendatang.

      Rayakan HUT ke-7, PT SHA Berbagi Rezeki dengan Duafa

      SHA Foundation melakukan kegiatan sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 PT SHA Solo dan Launching SHA Foundation serta pengenalan Warung Sedekah Duafa.

      OJK Optimistis Kredit Perbankan Tetap Tumbuh pada 2023

      Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae optimistis penyaluran kredit perbankan akan tetap tumbuh pada 2023.

      Semen Gresik Bantu Korban Gempa Cianjur Logistik Rp111 Juta dan Trauma Healing

      PT Semen Gresik (PTSG) menyalurkan bantuan logistik bagi para korban dan memberikan trauma healing kepada anak-anak terdampak gempa bumi Cianjur.

      Rekrutmen BUMN Gelombang 2 Dibuka! Cek Syarat-Syaratnya

      Disebutkan, lebih dari 30 BUMN melakukan rekrutmen bersama. Pendaftaran online rekrutmen bersama BUMN dibuka 1-7 Desember 2022.