SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Wayang orang gaya pendhapan dipentaskan di Pendhapa Ageng Taman Budaya Surakarta (TBS) Senin-Rabu (22-24/10/2012) mendatang. Pentas bertajuk Wayang Limang Gatra itu akan menyuguhkan pertunjukan wayang orang pendhapan yang dimainkan sanggar wayang orang (WO) asal Yogyakarta, Yayasan Pamulangan Beksa Sasminta Mardawa (YPBSM).

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Selain YPBSM, empat sanggar WO dari Solo dan Semarang juga bakal tampil dengan pentas gaya klasik. Mereka adalah  WO Sriwedari dan Senjasri Solo, WO Gendheng REK Solo, WO Ngesti Pandowo Semarang dan WO Mayangkara Solo.

“Awalnya semua diminta pentas wayang orang pendhapan. Tapi karena banyak yang tak bersedia, akhirnya hanya dari Yogyakarta yang mau. Lainnya pentas biasa dengan gaya klasik,” ucap Kepala Seksi Pengembangan Seni TBS, Suparman, saat ditemui Solopos.com, Selasa (16/10/2012), di Pendhapa Ageng TBS.

Suparman mengatakan pentas Wayang Limang Gatra baru kali pertama digelar di TBS. Sebelumnya mereka memang sering menggelar pentas wayang orang namun hanya satu kelompok yang tampil.

Terlaksananya pentas lima kelompok itu, kata Suparman, berkat program pendampingan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program yang bertujuan mengembangkan budaya dan seni tradisi itu juga dilaksanakan di sejumlah taman budaya kota lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya