SOLOPOS.COM - Pertunjukan wayang kulit. (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Pertunjukan wayang kulit. (JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya)

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merencanakan materi wayang masuk dalam mata pelajaran muatan lokal di sekolah di daerah itu.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Di tengah-tengah penyusunan kurikulum materi bahasa Jawa, kami juga mendapat rekomendasi dan akan segera memasukkan materi wayang ke dalam pelajaran muatan lokal,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut Aji, upaya untuk memasukkan materi itu bertujuan dalam rangka pelestarian budaya, khususnya budaya nasional yang berasal dari Jawa.

Selain itu, kata dia, wayang juga memiliki cerita yang padat makna sehingga sangat inspiratif dan mendukung dalam pembentukan karakter anak.

“Sangat baik untuk pengembangan karakter anak.Dengan mempelajarinya anak dapat menerapkan, meniru ajaran atau prinsip dalam cerita wayang yang secara filosofis sangat mendukung,” katanya.

Ia mengatakan pihak Disdikpora DIY akan segera membantu untuk memenuhi peralatan dan tenaga pengajar bagi sekolah di Yogyakarta yang telah menyatakan memiliki kesiapan untuk menerapkan materi tersebut.

“Kami akan “support” tenaga, peralatan dan gurunya bagi sekolah yang secara mandiri telah menyatakan siap menerapkan materi wayang,” katanya.

Sementara itu, menurut dia, sebagai permulaan, pihaknya tidak akan memaksakan seluruh sekolah untuk menerapkan materi wayang. Hal itu, menurut dia, disebabkan tidak seluruh sekolah dapat mengikuti materi tersebut.

“Untuk awal-awal mungkin nanti kita akan mencoba mengembangkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK 1) Kasihan, Kabupaten Bantul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya