SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, menjanjikan hadiah satu ekor kambing dari kantong pribadi bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sukses menekan angka golongan putih (golput). Achmad memberi batas minimal 95% partisipasi pemilih pada daftar pemilih tetap (DPT) di tempat pemungutan suara (TPS).

“Hadiah ini dari saya pribadi karena saya cinta masyarakat Solo. Biar mereka tergugah menggunakan hak pilihnya untuk datang ke TPS. Isi daftar hadir lalu memilih siapapun. Entah nyoblosnya salah atau benar yang penting datang. Hadiahnya uang senilai Rp2,5 juta atau satu ekor kambing,” kata dia seusai meninjau proses pemilihan calon anggota legislatif dan pemilihan presiden (Pilpres), Rabu (17/4/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain bersifat pancingan atau stimulan, Purnomo berharap hadiah tersebut untuk merayakan pesta demokrasi. Ia berpesan agar kerukunan tetap terjaga meskipun berbeda pilihan.

“Pesta, semuanya happy, datang ke TPS, nyoblos, penghitungan juga harus lancar, tidak boleh saling ejek, dan sebagainya. Semoga Solo menjadi cerminan kerukunan kabupaten/kota lain di Indonesia,” ucapnya.

Purnomo tak membatasi berapa banyak TPS yang bakal menerima hadiah itu. Ia bahkan berharap seluruh TPS mampu menembus target golput kurang dari 5%. Sebagai informasi, pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, tercatat 336 TPS menerima hadiah seekor kambing lantaran tingkat partisipasinya mencapai 80%. Sedangkan tahun ini persentase dinaikkan menjadi 95%.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan pemilu di Kota Bengawan berjalan lancar. Mulai pendistribusian surat suara hingga proses pencoblosan. Ihwal kabar kekurangan surat suara di sejumlah TPS, pihaknya mengaku belum menerima laporan. “Kalau tidak ada laporan artinya semua aman. Atau sudah terpenuhi. Kami akan cek terus dan segera bertindak,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya