SOLOPOS.COM - Pedagang menggelar ikan segar saat acara bazar ikan Solo Udan Iwak di Pasar Ikan Balekambang, Solo, Jumat (4/2/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO—Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, mengungkapkan rencana relokasi Pasar Ikan Balekambang tidak jadi ke Pasar Pucangsawit.

Namun, dia menyatakan rencana relokasi Pasar Ikan Balekambang jalan terus. “Kemarin soal Pasar Ikan akhirnya tidak jadi di situ, karena kurang luas,” ungkap dia saat diwawancara solopos.com di Gedung DPRD Solo, Senin (5/6/2023) siang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Politikus PDIP tersebut menyatakan Pemkot Solo masih mencari lahan sebagai tempat relokasi Pasar Ikan Balekambang. Menurut dia tidak menutup kemungkinan lahan yang akan dipakai di kawasan Pedaringan, Kelurahan/Kecamatan Jebres.

“Kami masih mempertimbangkan. Ya kalau tidak di Pedaringan, kami masih mencari tempat yang lain,” imbuh dia. Teguh menjelaskan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi sebagai tempat baru berjualan pedagang Pasar Ikan Balekambang.

Seperti area yang luas, tidak jauh dari aliran sungai dan mempunyai sistem pembuangan limbah yang baik. “Pembuangan limbahnya harus dibangun baik, tidak jauh dari sungai, supaya tidak terlalu panjang pengolahannya ke sungai,” tutur dia.

Disinggung opsi lokasi selain kawasan Pedaringan, Teguh belum menyebutkan mana saja. Termasuk kapan proses penyiapan lahan itu dan kebutuhan anggarannya. Untuk Pasar Pucangsawit sendiri menurut Teguh ke depan akan direnovasi.

“Ya itu kan baru akan kami renovasi, kita renovasi supaya benar-benar ini sudah pas atau belum. Misalnya buah dikembalikan ke situ, atau seperti apa. Kapan pengerjaannya kami belum bisa sampaikan waktu pastinya,” sambung dia.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Solo yang juga Mantan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, menyarankan kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, agar kegiatan Pasar Ikan Segar Balekambang dipindahkan saja.

Menurut Rudy, panggilan akrabnya, lokasi yang bisa digunakan untuk aktivitas jual-beli ikan segar yaitu Pasar Pucangsawit atau Pedaringan. Sedangkan Gibran mempertimbangkan untuk memindah pedagang Pasar Ikan Balekambang Solo.

Sudah ada beberapa lokasi yang potensial menjadi tempat baru bagi para pedagang Pasar Ikan Balekambang. Tapi Gibran belum memutuskan lokasi mana yang akan digunakan. Dia masih butuh waktu untuk mengkaji berbagai pilihan baru.

“Iya banyak masukan, tapi nanti tak survei satu-satu dulu ya,” ungkap dia saat diwawancara wartawan seusai pertemuan tiga pilar PDIP Solo di Kantor sementara DPC PDIP Solo, Senin (6/3/2023) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya