SOLOPOS.COM - Penampilan baru Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solom Sabtu (18/7/2020). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO — Wakil Wali Kota atau Wawali Solo, Achmad Purnomo, yang terkonfirmasi positif Covid-19, Jumat (24/7/2020), diduga tertular penyakit itu di Solo.

Wawali Solo yang berumur 71 tahun itu sempat bertolak ke Jakarta pada Kamis (16/7/2020) untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Setelah pertemuan, Purnomo pulang dan beristirahat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kemudian pada Jumat (17/7/2020), Wawali Solo menjalani uji secara polymerase chain reaction (PCR/reaksi rantai polimerase) pertama dan dilanjutkan uji swab kedua pada Sabtu (18/7/2020).

Covid-19 Soloraya Tembus 1.010 Kasus, Solo Tertinggi & Sragen Terendah

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan sebelum berangkat ke Jakarta, Wawali sempat menjalani uji cepat atau rapid test di salah satu fasilitas layanan kesehatan yang hasilnya nonreaktif.

Hasil tersebut menjadi bekal Wawali menumpang pesawat ke Jakarta. Namun, pada Kamis malam, Purnomo bercerita kalau hasil uji cepat Covid-19 tersebut berada di ambang batas antara reaktif dan nonreaktif atau samar.

“Pak Purnomo cerita ke saya kalau hasilnya di ambang. Lalu saya minta beliau uji swab itu,” kata dia, kepada wartawan, Sabtu (25/7/2020) pagi.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Negatif Covid-19

Dia menjelaskan uji swab Wawali Solo pada hari pertama pengambilan spesimen hasilnya negatif. Sedangkan pada hari kedua spesimennya positif. Hasil tersebut membuat Wawali Purnomo dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kondisi klinisnya saat uji swab sampai kami kabari untuk karantina mandiri itu sehat. Sabtu ini juga terpantau sehat. Jadi, doakan segera sembuh,” ucap Ning, panggilan akrabnya.

Masa Inkubasi Virus

Saat ditanya sumber penularan Covid-19 ke Wawali Solo, ia mengaku tidak dapat memastikan. Kondisi pandemi membuat siapa saja bisa menularkan maupun tertular. Langkah terbaiknya, ungkap Ning, adalah memutus penularan.

Namun, menilik waktu pengambilan spesimen dan riwayat kontak, bisa jadi Purnomo tertular di Solo. Masa inkubasi virus Corona jenis baru itu antara 3-14 hari, dengan rerata 5 hari.

“Kalau positif saat Sabtu-Minggu (sepekan lalu), kemungkinan sudah terjadi infeksi beberapa hari sampai sepekan sebelumnya. Kondisi klinisnya sehat, baik. Istri Pak Purnomo negatif, tapi kontak erat yang serumah kami ambil spesimennya Sabtu ini. Beliau karantina mandiri di rumah dengan pengawasan ketat DKK,” tandasnya.

Jalani Tes Swab karena Wawali Kena Covid-19, Wali Kota Solo: Mudah-Mudahan Hasilnya Baik

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku bakal menjalani karantina mandiri selagi menunggu hasil uji swab. Ia termasuk salah satu kontak erat Wawali lantaran kerap berkegiatan bersama.

“Kami menyemprot seluruh Setda dengan cairan desinfektan sebagai upaya pencegahan. Saya berharap hasil uji swabnya dipercepat karena kaitannya dengan pelayanan masyarakat. Total yang ikut tracing Wawali untuk diuji swab sekitar seratusan orang, termasuk keluarga, DPRD, OPD, wartawan, dan sebagainya,” ucap Rudy, sapaan akrabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya