SOLOPOS.COM - Warga di Kebonarum dan sekitarnya berkunjung di waterpark di Pluneng, Kebonarum, Selasa (25/2/2020). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN - Salah satu desa di Kecamatan Kebonarum yang dinilai kaya sumber daya air, yakni Desa Pluneng. Di desa ini terdapat dua umbul yang sudah dikenal masyarakat luas. Masing-masing umbul itu, yakni Umbul Tirta Mulyono dan Tirta Mulyani.

Kedua umbul ini dinilai telah berkontribusi positif ke pendapatan asli desa (PADesa). Pemasukan dari kedua umbul senilai seratusan juta dalam satu tahun. Meski sudah memiliki dua umbul yang dianggap alami, Pemerintah Desa (Pemdes) Pluneng terus berusaha memajukan daerahnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berusia 27 Tahun, Ini Wisudawan S3 Termuda UNS Solo 2020

Pemdes tak berpuas diri dengan memiliki dua umbul yang bersegmen remaja hingga dewasa itu. Secara kebetulan, Pemdes Pluneng masih memiliki tanah kas desa di sebelah selatan Umbul Tirta Mulyono. Tanah tak produktif seluas 3.800 meter persegi tersebut disulap menjadi waterpark.

Pembangunan waterpark menelan anggaran senilai Rp2 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten. Waterpark ini ditujukan guna menampung kalangan anak-anak hingga remaja yang ingin berwisata air di kolam yang tak terlalu dalam.

Haru! Veteran Sragen Tangisi Rencana Pembongkaran Gedung Juang 45

Di waterpark ini dilengkapi kolam arus, kolam anak, dan kolam remaja. Nantinya, pengelola juga akan menambah kolam keceh. Guna memberikan pelyanan ke pengunjung, pengelola menyediakan 12 unit kamar mandi. Di samping itu disediakan panggung utama, tanaman untuk mendukung penghijauan, lingkungan bersih, dan areal parkir yang luas.

“Lokasi waterpark ini bersebelahan dengan Umbul Tirta Mulyono. Lantaran bersebelahan, tiketnya hanya satu. Harga tiket lumayan terjangkau, Rp5.000 per pengunjung. Dengan membayar tiket itu, pengunjung bisa ke waterpark sekaligus ke Umbul Tirta Mulyono,” kata Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Sejahtera Pluneng, Agus Hariyanto, saat ditemui Solopos.com di Pluneng, Selasa (25/2/2020).

26 Tahun Eksis! Ini Rahasia Kelezatan Mi Ayam Batas Kota Boyolali

Keberadaan waterpark, Umbul Tirta Mulyono, dan Umbul Tirta Mulyani menjadi unit usaha BUMDesa Pluneng. Di samping wisata air itu, BUMDesa di Pluneng juga memiliki unit usaha lain, seperti pemancingan di belakang gedung serbaguna Pluneng, pengelolaan sampah, dan agen salah satu bank terbesar di Tanah Air.

“Keberadaan unit usaha itu memberdayakan warga asli di Pluneng. Dengan adanya berbagai unit usaha itu, kami berharap tetap memberikan kontribusi ke PADesa senilai Rp400 juta,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya