SOLOPOS.COM - ilustrasi arus mudik (dok)

ilustrasi arus mudik (dok)

Karanganyar (Solopos.com)--Pemudik maupun pengguna jalan yang melintasi sejumlah jalur di Karanganyar, diminta untuk waspada. Terutama di tiga titik rawan kemacetan karena terdapat pasar tumpah di tiga pasar tradisional. Ketiga pasar tersebut yakni di Pasar Karangpandan, Pasar Jatipuro dan Pasar Matesih.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Kabid Perhubungan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar, Joko Sumaryono mengungkapkan, meskipun pasar tumpah tersebut terjadi pada hari-hari tertentu, namun keberadaannya juga perlu diantisipasi. Sebab sedikit banyak pasar tersebut bisa mengganggu arus lalu lintas. Apalagi, kata Joko, ketiga lokasi pasar itu berdekatan dengan terminal di masing-masing kecamatan tersebut.

“Kalau dibiarkan, lalu lintasnya bisa ruwet. Menjelang Lebaran seperti ini, lalu lintas kendaraan juga semakin padat,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (26/8/2011) siang.

Beberapa pengguna jalan yang melintas baik yang menuju maupun dari Karangpandan, Ngargoyoso, Tawangmangu dan Magetan, diminta untuk berhati-hati. Sebab selama Lebaran, biasanya pasar tumpah di ketiga pasar itu, meluas hingga ke jalan raya. Dishubkominfo sendiri, imbuh Joko, bakal mendirikan posko tambahan di kawasan itu. Para petugas antara lain akan membantu mengurai jalur lalu lintas bila ada kemacetan.

Sementara itu, guna mengurai kemacetan, Polres Karanganyar menerjunkan empat polisi wanita (Polwan) yang berkeliling menggunakan dua mobil jeep terbuka untuk memantau kondisi lalu lintas.

“Harapannya dengan menggunakan jeep terbuka, maka penglihatannya lebih tajam untuk memantau arus lalu lintas, sehingga bila ada kemacetan bisa diurai secara langsung,” ungkap Kapolres Karanganyar, AKBP Edi Suroso.

fas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya