SOLOPOS.COM - ilustrasi wanita hamil. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Mempersiapkan kehamilan secara optimal menjadi sangat penting. Terutama untuk mendukung Kesehatan bayi dan tumbuh kembangnya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk persiapan tersebut, termasuk untuk mencegah kelainan pada bayi.

Dokter Spesialis Obsgyn Konsultan Subspesialis Fetomaternal rumah Sakit (RS) JIH Solo, Dr. dr. Aria Wibawa, Sp. OG-KFM., dalam Health Talk yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo, menyampaikan dalam mempersiapkan kehamilan, ada lima hal yang paling penting dilakukan.

“[Dari lima hal tersebut] dua milik ibu dan suami, yang ketiganya kolaborasi dengan dokter,” kata dia.

Dia menyebutkan, kelima hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Doa. Hal paling pertama yang perlu dilakukan untuk persiapan kehamilan oleh pasangan adalah berdoa kepada Tuhan.
  2. Memenuhi nutrisi ibu. Menurutnya hal ini perlu dilakukan dari sejak awal kehamilan, bukan hanya saat tidak mual saja. Jika perlu hal tersebut sudah dilakukan sejak sebelum kehamilan. “Ini penting sekali, kalau nutrisi acak-acakan biasanya bayinya bermasalah,” lanjut dia.
  3. Memeriksakan atau mencari masalah. Langkah ini menjadi tugas dari dokter. Hal tersebut dapat dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium, USG dan sebagainya.
  4. Menilai kemajuan atau pertumbuhan kehamilan.
  5. Mempersiapkan persalinan dan kesiapan untuk neonatalnya.

Menurutnya jika lima hal tersebut dapat dilakukan dengan baik, diharapkan kehamilan dan persalinan akan berjalan dengan hasil optimal.

“Insyaallah akan optimal. Saya tidak bilang pasti baik. Belum tentu, kadang-kadang memang ada kelainan yang sudah diprediksi tidak baik. Tapi pengelolaannya kalau sudah dilakukan sebaik-baiknya tentu akan lebih optimal,” kata dia.

Dia pun menekan, dua hal pertama yang disebutkan, yakni doa dan pemenuhan nutrisi menjadi hal yang mutlak dilakukan. Meskipun tanpa bantuan dokter. “Itu penting banget, super-super penting,” kata dia.

Rekomendasi
Berita Lainnya