SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Dinas Kesehatan Kota Jogja mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) selama Lebaran ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Tuty Setyowati dalam jumpa pers di Balaikota Jogja Jumat, (19/8) siang menjelaskan, memasuki musim kemarau warga perlu mewaspadai penyebaran penyakit ISPA. “Saat ini kan masih memasuki musim kemarau, sehingga dimungkinkan penyakit ISPA masih akan banyak ditemui kemungkinan akan sampai Lebaran nanti,” katanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari laporan yang diterimanya, kasus ISPA mengalami peningkatan dan kini menduduki peringkat pertama di antara 10 jenis penyakit yang ditangani oleh tenaga medis di Puskesmas. “Dari laporan di masing masing puskesmas ISPA ini memang menduduki peringkat tertinggi dibanding jenis penyakit lainnya, mungkin salah satunya disebabkan oleh musim kemarau dan banyaknya debu,” ujar Tuty.

Tuty menambahkan, Dinkes telah menyiapkan persediaan berbagai jenis obat-obatan sebagai antisipasi. “Warga tidak perlu khawatir, karena persedeiaan obat-obatan masih mencukupi,” jelasnya.

Saat libur bersama Lebaran mendatang, terdapat tiga Puskesmas di Kota Jogja yang akan siaga selama 24 jam yakni  Puskesmas Mergangsan, Tegalrejo dan Jetis. Ketiga puskesmas tersebut dapat memberikan pelayanan persalinan dan pelayanan kegawatdaruratan lain. Selain itu, terdapat lima Puskesmas yang juga tetap buka pada Minggu dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB yaitu Puskesmas Mergangsan, Tegalrejo, Jetis, Umbulharjo I dan Gedongtengen.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya