SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap– Stasiun Meteorologi Cilacap mengimbau masyarakat yang hendak memanfaatkan libur tahun baru dengan berwisata di pantai selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk berhati-hati terhadap kemungkinan adanya gelombang setinggi dua meter.

“Ketinggian gelombang di pantai selatan Jateng dan DIY pada Jumat (1/1) diprakirakan berkisar antara 0,5 meter hingga dua meter, sehingga wisatawan diimbau untuk berhati-hati terhadap kemungkinan adanya gelombang setinggi dua meter tersebut,” kata Analis Cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo di Cilacap, Kamis (31/12).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Sementara ketinggian gelombang di wilayah Samudera Hindia, kata dia, diprakirakan berkisar antara satu hingga 2,5 meter. Menurut dia, angin di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan berkisar antara 15 hingga 40 kilometer per jam.

“Secara umum cuaca di wilayah perairan selatan Jateng dan DIY berawan sebagian  hingga berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang antara siang-malam hari,” katanya.

Menurut dia, kondisi cuaca tersebut diprakirakan berpeluang terjadi di wilayah daratan Jateng dan DIY. Akan tetapi, kata dia, hujan di wilayah Jateng dan DIY berpeluang disertai petir antara siang-pagi hari.

“Angin umumnya bertiup dari arah tenggara hingga barat daya dengan kecepatan berkisar antara lima hingga 30 km/jam. Sedangkan suhu udara diprakirakan berkisar antara 23-31 derajat Celcius dengan kelembaban 60-96 persen,” kata Teguh.

ant/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya