SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Warga pantai utara maupun elatan Pulau Jawa perlu mewaspadai datangnya rob atau limpasan air laut ke daratan bersamaan dengan munculnya fenomena alam supermoon atau bulan purnama parigi, Sabtu-Senin (19/1/2019).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jumat (18/1/2019), menyampaikan prakiraan fenomena supermoon yang disertai dengan rob itu. “Supermoon yang disertai bulan purnama akan memengaruhi pasang maksimal air laut,” ungkap Kepala Seksi  Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Slamet Wiyono.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Fenomena pasang air laut itu diprakirakan terjadi mulai Santu malam ini. Menurut dia, kawasan pesisir Kota Semarang yang biasa dilanda rob diperkirakan akan dilanda genangan yang lebih tinggi. Prakiraan ketinggian maksimal naiknya permukaan air laut itu 1 m. Ketinggian maksimal diperkirakan terjadi pada tanggal 21 Januari 2019.

Peningkatan permukaan air laut, lanjut dia, diprakirakan terjadi mulai malam hingga dini hari dengan durasi mencapai enam jam. Secara umum, menurut dia, fenomena supermoon yang terjadi akibat grativasi Bulan saat jaraknya paling dekat dari Bumi ini akan melanda kawasan pesisir utara dan selatan Jawa Tengah.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat di wilayah pesisir, petani garam, dan kegiatan bongkar muat di pelabuhan untuk mewaspadai terjadinya pasang air laut tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya