Waspada! Pohon di Jl. Slamet Riyadi Solo Rawan Tumbang

Waspada! Pohon di Jl. Slamet Riyadi Solo Rawan Tumbang

SOLOPOS.COM - Warga menutup hidung untuk menghindari debu saat melintas di area car free day (CFD), Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (22/10/2017). Pedagang kaki lima CFD dan warga mengeluhkan debu dampak proyek pembangunan drainase karena menganggu aktivitas dan mengganggu pernapasan. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

BPBD Solo memperingatkan pohon di Jl. Slamet Riyadi rawan roboh.

Solopos.com, SOLO — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo memetakan pohon di sepanjang jalur proyek pembangunan drainase citywalk Jl. Slamet Riyadi Solo rawan tumbang. Penyebabnya selain kecepatan angin tinggi selama masa pancaroba ini, juga beberapa akar pohon terpaksa kena pangkas proyek tersebut.

Menurut Kasi Kesiapsiagaan dan Pencegahan BPBD Solo, Sumarno, kondisi pohon dinilai rawan tumbang berdasarkan hasil pemetaan BPBD yang dilakukan belum lama ini.

“Kami khawatir akarnya tidak sekuat dulu, sesudah tanah di sekitarnya dikeruk untuk keperluan pembenahan drainase,” kata dia ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Minggu (22/10/2017).

Saat ini, dia mengatakan kecepatan angin relatif tinggi mencapai 18 km/jam karena dipengaruhi kondisi iklim selama masa pancaroba ini. Bahkan pada malam hari, kecepatan angin bisa mencapai 21 km/jam. Padahal biasanya kecepatan angin hanya 10 km/jam.

Kondisi ini terjadi merata di seluruh wilayah Kota Bengawan. “Karena itu kami mengimbau pengendara agar hati-hati saat melintas terutama di selatan Jalan Slamet Riyadi guna menekan potensi tertimpa pohon tumbang,” pintanya.

Selain Jl. Slamet Riyadi, potensi pohon tumbang tersebar di wilayah lain di Solo. Sejumlah dipetakan sebagai daerah rawan pohon tumbang, seperti Jl. Tentara Pelajar, jalan lingkar Mojosongo, Jl. Ir. Juanda, Jl. Ir. Sutami, Jl. Ki Hajar Dewantara, Jl. Ki Mangunsarkoro, Jl. Kolonel Sugiono, serta Jl. Adisucipto.

Menurut data BPBD periode Januari hingga Oktober, kasus pohon tumbang di Kota Solo ada sebanyak 42 kasus. Dari angka tersebut, belum ada satupun yang mengakibatkan korban meninggal dunia. BPBD akan terus mewaspadai berbagai potensi pohon tumbang tersebut.

“Apalagi ini pancaroba, musim hujan sudah dimulai,” katanya.

Meski banyak potensi pohon tumbang, BPBD memastikan telah siap mencegah sebelum terjadi dan mengevakuasi jika telah terjadi.

“Peralatan kita sudah ready semua,” imbuh staf Logistik dan Kedaruratan BPBD Arief Fahmi Rahmansyah.

Berita Terkait

Berita Terkini

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.

Beredar Kabar Nakes RSUD Ambarawa Ditusuk Keluarga Pasien Covid-19, Ini Klarifikasi Polda Jateng

Video seorang anggota keluarga pasien Covid-19 yang meninggal mencoba menusuk nakes RSUD Ambarawa beredar viral di media sosial. Polda Jateng beri penjelasan.

Digerebek Petugas, Nasib PKL Di Purwodadi Berakhir Bahagia

Kedatangan petugas gabungan membuat pedagang dan sejumlah pembeli yang lagi nongkrong di warung PKL angkringan dekat Stadion Purwodadi kaget.