SOLOPOS.COM - Ada beberapa perubahan tubuh yang mungkin bisa menjadi tanda gangguan kesehatan yang sedang dialami. (ilustrasi/fFreepik)

Solopos.com, SOLO – Perubahan tubuh memang biasa dialami oleh banyak orang. Namun, sebagian orang sering menyepelekan hal tersebut, padahal itu bisa saja menjadi tanda gangguan kesehatan yang sedang dialami.

Tanda-tanda ini biasanya muncul tiba-tiba namun jarang diperhatikan dan jika diabaikan dapat mengancam jiwa. Maka dari itu, mengetahui dari awal merupakan jalan yang tepat sehingga jika ada yang salah dengan tubuh kalian dapat segera memeriksakan diri ke dokter.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Penasaran tanda apa saja itu, berikut deretan perubahan pada tubuh yang wajib kamu waspadai karena bisa jadi tanda penyakit serius, seperti dilansir dari Liputan6.com belum lama ini.

Inna Lillahi! Kasus Positif Covid-19 Di Klaten Tambah 10, 1 Meninggal

Bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah memang sering terjadi pada banyak orang. Tak heran banyak yang akhirnya mengabaikannya. Padahal, ini bisa jadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin A, B dan juga E.

Tak hanya itu, jika kalian mengalami bibir serta kulit tubuh yang kering bisa jadi tanda gangguan pencernaan. Jika tak segera ke dokter kondisi ini dapat menjadi kombinasi gejala penyakit autoimun yang disebut sindrom Sjogren.

Kuku rapuh

Mulai sekarang, ada baiknya kalian untuk rutin memperhatikan kondisi kuku. Sebab, setiap perubahan warna atau struktur kuku dapat menjadi tanda gangguan kesehatan.

Jika mendapati kuku yang tipis dan pucat bisa jadi tanda bahwa kalian telah kekurangan zat besi dan mengalami Anemia. Sementara itu, jika kuku menguning bisa jadi tanda kalian mengalami gangguan hati dan saluran lambung atau infeksi jamur.

Tak hanya itu, bintik-bintik dan garis-garis putih pada kuku juga menandakan kurangnya yodium. Kuku juga bisa sangat rapuh jika kekurangan vitamin, kalsium, zat besi, dan beta-karoten dalam tubuh.

Covid-19 Solo: Klaster Sekolah Muncul Di Serengan, Berawal Saat Orang Tua Siswa Ambil Rapor

Rambut rontok

Umumnya seseorang mengalami kerontokan rambut sekitar 100 helai setiap harinya. Namun, jika mendapati rambut kalian rontok lebih banyak dari itu setiap harinya ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal ini bisa jadi gejala berbagai macam penyakit serius seperti gangguan tiroid, gangguan autoimun, dan lainnya.

Kulit tubuh kering

Banyak individu yang mengalami kulit kering dan dapat mengatasinya dengan pelembap serta minum banyak air putih. Namun, jika cara ini tak berhasil mengatasi kulit kering yang dialami ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya kulit yang sangat kering merupakan salah satu tanda umum diabetes dan hipotiroidisme.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya