SOLOPOS.COM - Salah satu warga panik ketika ombak mendadak naik hingga tempatnya berdiri, Pantai Glagah, Rabu, (8/6/2016). Banjir yang disebabkan gelombang pasang air laut terjadi di kawasan wisata Pantai Glagah sejak pukul 09.00 pagi. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Imbauan tersebut disampaikan menyusul adanya peringatan mengenai potensi gelombang tinggi antara dua sampai empat meter.

Harianjogja.com, BANTUL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau wisatawan pantai selatan mematuhi rambu-rambu maupun peringatan bahaya yang disampaikan tim pencarian dan penyelamatan demi keselamatan diri pengunjung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dalam menciptakan keamanan di pantai kami harap tidak hanya dilakukan SAR saja, namun wisatawan juga ikut mengindahkan rambu-rambu maupun peringatan kawan-kawan SAR di lapangan,” kata Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto seperti dikutip Antara, Senin (11/7/2016).

Imbauan tersebut disampaikan menyusul adanya peringatan mengenai potensi gelombang tinggi antara dua sampai empat meter yang melanda peraian pantai selatan Jawa termasuk Yogyakarta yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Gelombang laut dengan ketinggian dua sampai empat meter yang diprediksi terjadi mulai 10 sampai 14 Juli 2016 tersebut cukup berbahaya bagi kapal-kapal nelayan dan juga bagi masyarakat yang sedang berlibur di wilayah pantai di antaranya Pantai Parangtritis Bantul.

“Mari saling membantu untuk keselamatan bersama, dan Insya Alah jika peringatan itu ditaati kejadian yang tidak diinginkan bisa terhindarkan. Tipikal gelombang pantai selatan berbeda dengan pantai daerah lain, sehingga wisatawan perlu memahami,” katanya.

Dwi mengatakan masing-masing personel SAR pantai juga telah memasang rambu-rambu tanda bahaya di beberapa titik pantai yang dinilai berbahaya bagi wisatawan untuk berenang, dan terus memperingatkan pengunjung agar tidak mandi di laut.

“Wisatawan boleh saja bermain air di pantai, akan tetapi harus tahu kondisi persis daerah-daerah mana yang berbahaya,” katanya.

Dalam peringatan yang disampaikan BMKG itu juga mengimbau agar waspada terjadinya hujan lebat disertai petir dengan dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, jalan licin dan pohon tumbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya