SOLOPOS.COM - Sekda Solo Ahyani. (Solopos/Mariyana Ricky PD)

Solopos.com, SOLO — Nomor telepon diduga penipu catut foto Sekretaris Daerah atau Sekda Kota Solo Ahyani untuk profil Whatsapp. Belum diketahui apakah nomor telepon dengan foto Ahyani itu digunakan untuk modus penipuan atau tidak.

Ahyani mengimbau agar masyarakat mewaspadai nomor Whatsapp yang menggunakan foto dirinya sebagai foto profil tersebut agar tak tertipu. Ia menegaskan nomor 081359157212 itu bukan miliknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan Ahyani melalui Whatsapp Group wartawan, belum lama ini. Berdasarkan tangkapan layar pesan di grup tersebut yang diterima Solopos.com, Jumat (16/9/2022), Ahyani menuliskan bahwa pengguna nomor 081359157212 memakai fotonya untuk foto profil.

Ekspedisi Mudik 2024

Tampak pada foto profil nomor Whatsapp diduga penipu itu, Sekda Solo Ahyani memakai pakaian dinas aparatur sipil negara (ASN) khaki. Ahyani menjelaskan  nomor 081359157212  iseng memakai fotonya.

nomor whatsapp diduga penipu catut sekda solo
Profil nomor Whatsapp yang catut foto serta nama Sekda Solo, Ahyani. (Istimewa)

Dia meminta anggota Whatsapp Group mengabaikan apabila  pengguna nomor 081359157212 itu menanyakan atau meminta sesuatu. Yth Bpk/Ibu/ Teman2 semua. Mohon ijin.. no hp diatas iseng menggunakan profil saya. Mohon diabaikan kalau menanyakan atau minta sesuatu. Trmksh,” tulisnya dengan emoji terima kasih.

Baca Juga: Minggu, 1.000 Apam Dikirab saat Tradisi Grebeg Kenang Sejarah Kampung Sewu Solo

Sementara itu, ketika diminta konfirmasi Solopos.com apakah ada modus penipuan menggunakan nomor 081359157212, Ahyani mengatakan belum tahu. “Belum tahu,” kata Ahyani melalui Whatsapp.

Sekda Solo Ahyani belum mau menjelaskan secara detail melalui pesan Whatsapp dan belum mau mengangkat telepon. Ahyani juga tidak merespons saat ditanya apakah ada pejabat lain di lingkungan Pemkot Solo yang mengalami hal serupa.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com dengan salah satu aplikasi Truecaller yang dapat digunakan mengidentifikasi nomor telepon tertentu, nomor 081359157212 teridentifikasi dengan nama Tirto Dinsos. 

Baca Juga: OM Sagita Buka Panggung Hiburan Pasar Malam Sekaten Solo Malam Ini

Sementara berdasarkan penelusuran di aplikasi Getcontact ada 38 tag untuk nomor 081359157212 yang mayoritas menyebut kata penipu atau penipuan. Di antaranya Penipu Atas Nama Ayah, Pak Dodi Penipuan, dan Penipu Mengatas Namakan Kedinasan.

Selain itu ada yang menyematkan tag pada nomor tersebut Penipu Pakai Foto Dan Nama Orang, Penipuan Berkedok Kepala Dinas Sosial, Penipuan Atas Nama Sekda Kukar, dan beberapa lagi tag sejenis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya