SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Freepik.com)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Kota atau Pemkot Jogja mengumumkan kasus Covid-19 varian Omicron pertama di wilayahnya. Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, menyebut kasus Omicron perdana di wilayahnya itu berasal dari pelaku perjalanan luar daerah.

Penemuan kasus Omicron pertama di Jogja ini, menurut Heroe, berasal dari tracing yang dilakukan sebuah rumah sakit. Hasil tracing itu baru keluar pada Minggu (30/1/2022) malam.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Saat ini [pasien] masih kami isolasi. Sedang kami bahas proses isolasinya seperti apa,” kata Heroe, Senin (31/1/2022).

Baca juga: Pelesiran ke Jogja, Warga DKI Jakarta Positif Omicron

Heroe belum menjelaskan detail pasien yang terkena Covid-19 varian Omicron, termasuk asal daerah serta identitas lainnya. Namun pelaku perjalanan ini bukan termasuk rombongan wisata.

“Saat ini sedang kami tracing dan tes kontak eratnya. Ditanya ke mana saja dan ketemu siapa saja, baru kami tes. Ini [kasus Omicron] pertama yang ditemukan di Kota Jogja, berasal dari perlaku perjalanan,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja.

Pemkot Jogja semakin mengetatkan aturan perjalanan serta wisatawan yang masuk ke hotel, restoran, dan sebagainya. Heroe menambahkan temuan Omicron ini bukan dari kasus dengan sebaran lokal yang sebelumnya dites menggunakan whole genome sequencing (WGS) di UGM.

Baca juga: Waspada Covid-19 Omicron, Dinkes Kota Jogja Klaim TT dan Oksigen Aman

Sebelumnya, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga mengumumkan hasil tes WGS yang dilakukan di laboratorium UGM. Dari hasil tes WGS itu ditemukan adanya satu orang yang terpapar varian Omicron. Meski demikian, orang tersebut telah kembali ke daerah asalnya di DKI Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya