SOLOPOS.COM - ilustrasi tenggelam (JIBI/Solopos/Dok)

 

Para petugas SAR diturunkan ke lapangan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

 

 

Harianjogja.com, BANTUL- Selama libur panjang akhir pekan, Petugas Search And Rescue (SAR) Pantai Parangtritis menyiagakan seluruh anggotanya. Para petugas SAR diturunkan ke lapangan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut.

Kesiapsiagaan petugas SAR dilakukan karena memasuki musim liburan akhir pekan Pantai Parangtritis biasanya dipenuhi oleh wisatawan. Hal tersebut juga berkaitan dengan jumlah korban laka laut sudah banyak pada awal tahun 2016 ini.

Wakil Komandan SAR Pantai Parangtritis, Catur Wibowo mengatakan liburan akhir pekan biasanya akan dimanfaatkan oleh para wisatawan luar daerah.

“Banyak wisatawan yang menghabiskan masa libur panjang akhr pekan dengan berwisata ke pantai. Meskipun sudah dihimbau untuk tidak berenang, namun banyak pengunjung yang tetap nekat mandi di laut,” katanya, Jumat (25/3/2016).

Untuk itulah seluruh petugas SAR terus disiagakan untuk mewaspadai terjadinya kecelakaan laut. Selain itu dengan kesiapsiagaan ini nantinya para petugas SAR bisa sekaligus memberikan himbauan langsung kepada para pengunjung untuk tidak berenenang di pantai.

Catur menambahkan selain menyiapkan petugas, pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai peralatan untuk penyelamatan korban laka laut. Pelampung hingga tali sudah disiapkan, Sedangkan petugas sendiri akan selalu melakukan patroli keliling di sepanjang pantai.

Semua pengunjung Pantai Parangtritis dimohon untuk tidak berenang di laut. Pasalnya ombak di pantai selatan cukup besar dan membahayakan jika digunakan untuk berenang. Ombak bisa sewaktu-waktu menyeret pengunjung yang mandi di laut.

Imbauan juga diberikan kepada para orang tua, karena dalam akhir pekan ini sepanjang Pantai Parangtritis hingga Depok sedang ada acara tahunan kedirgantaraan Jogja Air Show 2016(JAS) maka pengawasan kepada anak-anak agar lebih ditingkatkan.

“Kepada para orang tua agar juga lebih memperhatikan anak-anaknya agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” imbuh Catur.

Sementara peningkatan jumlah pengunjung Pantai Parangtritis sudah mengalami peningkatan sejak Jumat (25/3). Para pengunjung ini sebagian besar berasal dari luar DIY, semisal dari Bandung, Jakarta dan Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya