Waspada Ladies, Pakai High Heels Berisiko Alami Sederet Masalah Ini
Ilustrasi sepatu hak tinggi (serenereflexology.com)

Solopos.com, SOLO— Bagi kaum perempuan, memakai sepatu hak tinggi (high heels) akan membuat penampilan menjadi lebih menarik dan percaya diri.

Seseorang yang memakai sepatu high heels akan membuat kaki mereka terlihat lebih jenjang dan seksi. Sepatu satu ini memang tidak pernah salah apabila dipadukan dengan outfit apa pun.

Hal ini karena sepatu tersebut merupakan fashion statement yang menarik untuk banyak wanita. Namun siapa sangka, di balik pemakaian sepatu yang terlihat cantik ketika dilihat memiliki risiko buruk bagi kesehatan. Berikut 9 risiko yang dapat kalian hadapi ketika memakai sepatu cantik tersebut dilansir oleh liputan6.com dan sumber lain, Kamis (17/9/2020).

1. Menghambat pembuluh darah

Ketika seseorang memakai sepatu high heels secara tidak wajar pastinya akan memaksakan kaki untuk mengambil bentuk yang tidak alami, dan muncul stres yang dialami kaki dapat menghambat pembuluh darah. Tidak hanya itu saja, sepatu itu dapat melemahkan ligamen pada pergelangan kaki dan membuatnya lebih rentan untuk cedera.

2. Nyeri pada punggung bawah

Sepatu ini membuat para pemakainya memberikan tumpuan yang tidak lengkap pada kaki, dan membuat berat badan ladies tidak terdistribusi secara rata. Hal tersebut yan menimbulkan rasa pegal, inflamasi, dan sakit punggung.

Polisi Tangkap Pelaku Mutilasi Jasad Dalam Koper Di Apartemen Kalibata Jakarta

3. Betis pegal

Kebiasaan memakai high heels dapat membuat pembuluh darah dan urat pada kaki semakin menonjol. Dan rasa pegal pada otot betis merupakan satu efek samping dari pemakain sepatu tersebut.

4. Sakit pada bagian kurva tulang belakang

High Heels akan membuat kurva tulang belakang semakin melengkung. Akibat dari posisi tersebut akan membahayakan punggung bagian atas dan bawah.

5. Cedera pergelangan kaki

Kurang hati-hati dalam memakai high heels akan membuat ladies bisa terpeleset dan jatuh, selain itu ladies juga bisa mengalami kaki terkilir atau bahkan pergelangan kaki yang retak.

6. Sakit pada lutut

Lengkungan yang tidak wajar ketika menggunakan sepatu hak tinggi menempatkan tekanan pada sendi lutut, dan hal tersebut akan menyebabkan sakit Osteoarthritis.

7. Varises

Penggunaan high heels akan membuat pergerakan kaki menjadi terbatas. Hal ini dapat membatasi sirkulasi darah pada anggota tubuh bagian bawah.

Karena efisiensi aliran darah terganggu, maka dapat terjadi pelebaran pembuluh darah vena pada tungkai yang dikenal dengan varises. Dalam jangka panjang, varises dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada kaki yang terkena.

Takut Suami Selingkuh? Cek Tanda-Tanda Pasangan Setia Di Sini

8.Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam

Pada sebuah studi membuktikan bahwa penyebab utama kuku tumbuh ke dalam adalah pemakaian high heels. Menghilangkan kuku yang mengalami pertumbuhan ke dalam akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Kamu harus segera ke dokter untuk mengatasi permasalahan ini.

Kaki kamu berada pada posisi menukik ketika memakai high heels. Jepitan sepatu high heels biasanya berakhir dengan meninggalkan rasa sakit pada kaki. Tekanan pada kaki pun akan intens dan tidak terkendali.

9. Berjalan Tidak Seimbang

Penggunaan high heels secara tidak langsung dapat mengubah postur tubuh. Hal ini dikarenakan tidak semua perempuan dapat menyeimbangkan dengan baik saat memakai high heels.

Kondisi ini dapat membuat proses berjalan menjadi sangat tidak nyaman bagi beberapa perempuan. Kecenderungan kehilangan keseimbangan bahkan risiko jatuh.

Kaki kamu juga berisiko keseleo pada area pergelangan kaki. Otot dan peradangan tendon juga dapat terjadi.

Jadi, ladies jangan sering-sering menggunakan sepatu hak tinggi supaya kesehatan kalian tetap terjaga. Kalau tetap ingin menggunakan sepatu tersebut, jangan lupa untuk memilih sepatu hak tinggi yang tidak melewati 6 cm, dan pastikan memilih sepatu yang memiliki arch support yang baik serta ruang yang tidak sempit bagi jari kaki.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom