Waspada Ladies! 4 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Wanita Mandul
Ilustrasi suami-istri sedang depresi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Banyak wanita yang mengabaikan timbulnya permasalahan pada organ reproduksinya, yakni seperti masalah menstruasi dan lainnya. Padahal, terdapat beragam tanda-tanda dan gejala yang jika diabaikan akan membuat wanita berisiko mandul.

Padahal jika wanita mengetahui faktor dan gejalanya, kemandulan bisa dicegah sejak dini. Seperti dikutip dari The Health Site, berikut ini merupakan empat faktor risiko wanita bisa mengalami kemandulan:

Tidak Haid

Indikator utama dari infertilitas atau kemandulan yaitu tidak mengalami menstruasi sama sekali atau biasa disebut dengan amenore. Anda kemungkinan mengidap amenore jika selama tiga bulan lebih tak pernah menstruasi sama sekali.

Amenore biasanya timbul akibat stres, olahraga berlebihan, berat badan rendah, gangguan jaringan parut rahim, minum obat tertentu, hingga kekurangan organ reproduksi tertentu. Diperkirakan 1% wanita di dunia mengalami menopause sebelum usia 40 tahun.

Haid Tak Teratur

Salah satu indikator lain dari wanita yang mengalami infertilitas atau mandul adalah megalami menstruasi yang tidak teratur. Biasanya menstruasi tidak teratur disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Penyebab umum dari infertilitas yakni menstruasi tidak teratur atau sindrom ovarium polikistik. Sindrom itu merupakan kelainan endokrin yang sering terjadi pada wanita pada usia subur.

Wow! Sultan Hamengku Buwono X Apresiasi Lagu Milik Prisa Penyanyi Cilik Klaten

Oleh sebab itu, wajib bagi wanita untuk memperhatikan sekaligus mengecek periode menstruasi untuk mengidentifikasi apa saja faktor yang menyebabkan ketidakaturan itu.

Pengobatan Kanker

Kesuburan Anda akan terpengaruhi jika sedang mengidap penyakit kanker dan menjalankan perawatan kanker. Dengan dilakukannya kemoterapi atau radiasi panggul, dapat menyebabkan hilangnya sel telur dengan cepat. Bahkan beberapa wanita mengalami menopause lebih awal setelah melakukan pengobatan kanker.

Untuk memelihara kesuburan Anda, para ahli menyarankan untuk melakukan konsultasi kepada spesialis kesuburan sebelum menjalankan pengobatan kanker. Pematangan vito, transposisi ovarium, dan kriopreservasi jaringan ovarium adalah beberapa pilihan untuk memelihara kesuburan Anda.

Menstruasi yang Menyakitkan

Jika Anda mengalami menstruasi yang sangat menyakitkan dan tak kunjung membaik meski telah mengonsumsi ibuprofen, lebih baik segera konsultasikan ke dokter. Kondisi tersebut sering kali disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang dapat menyebabkan wanita mandul.

Penyakit radang panggul (PID) sering kali dikaitkan dengan PMS. Padahal jika tidak segera ditangani PID dapat menimbulkan pembentukan jaringan parut di dalam dan sekitar saluran tuba, hal ini bisa menyebabkan kemandulan.

Hari Ini Dalam Sejarah: 1 September 1939, Perang Dunia II Meletus

Selain itu menstruasi yang menyakitkan mungkin menjadi salah satu tanda Anda mengidap endometriosis, yakni kondisi di mana lapisan rahim tumbuh di luar rahim. American College of Obstetricians and Gynecolohists mengatakan bahawa endometriosis memengaruhi enam persen hingga 10 persen wanita. Kondisi ini dapat menyebabkan kemandulan melalui beberapa cara seperti pembentukan kista di ovarium dan jaringan parut pada saluan tuba.

Kesuburan tidak sepenuhnya berjalan normal meski endometriosis dapat diangkat melalui pembedahan. Dalam kasus ini pengobatan yang paling efektif yakni fertilisasi In Vitro (IVF).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom