SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (FOTO: Adib Muttaqin Asfar/JIBI/SOLOPOS)

Harianjogja.com, JOGJA– Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) mengimbau masyarakat Jogja untuk tidak terlalu konsumtif dalam merayakan momentum Lebaran serta memperhatikan kesehatan produk makanan.

“Dalam membeli produk baik barang maupun makanan masyarakat hendaknya lebih cerdas dan tidak berlebihan. Membeli sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan,” kata Ketua LKY, John Widijantoro, Selasa (16/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, menjelang hari-hari besar keagamaan, selain berlebihan, masyarakat biasanya juga kurang memperhatikan kualitas makanan yang dibeli.

Sementara itu, di sisi lain, juga sering dimanfaatkan oleh produsen tidak bertanggung jawab dengan menjual produk yang tidak layak konsumsi.

“Dari survei di lapangan yang kami lakukan sebulan yang lalu banyak produk-produk makanan yang sudah kadaluwarsa, tidak menginformasikan komposisi, serta tidak menyebutkan produsennya,” kata dia.

Selanjutnya, kata dia, apabila masyarakat menemukan produk yang tidak layak konsumsi, masyarakat disarankan langsung meminta keterangan produsen atau distributor, serta menyebarkan informasi tersebut kepada konsumen lainnya.

“Jangan berpikir untuk diri sendiri dalam mencermati makanan, namun juga harus memiliki dorongan untuk mengedukasi konsumen lainnya. Jika membeli makanan tak layak konsumsi, kerugian pribadi mungkin kecil, tapi kemudian akan lebih memprihatinkan apabila banyak orang yang tertipu,” kata dia.

LKY juga meminta agar saat mendekati Lebaran, pemerintah lebih intensif dalam memberikan pengawasan peredaran makanan sehingga produk-produk yang sudah tidak layak konsumsi tidak beredar di masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya