Waspada, Kenali 10 Gejala Awal Alzheimer Ini
Ilustrasi Alzheimer. (Istimewa/gizmag.com)

Solopos.com, JAKARTA - Lupa adalah hal yang biasa dan wajar. Akan tetapi, lupa menjadi tidak wajar ketika sifat pelupa itu sudah mengganggu kehidupan sehari-hari.

Lupa jenis ini bisa menjadi tanda atau gejala awal Alzheimer maupun jenis demensia lainnya. Alzheimer merupakan jenis penyakit penurunan fungsi luhur otak secara terus-menerus sehingga menyebabkan penurunan kemampuan untuk beraktivitas sehari-hari.

Berikut ini 10 tanda atau gejala awal Alzheimer yang bisa dikenali untuk upaya preventif agar keadaan penderita tidak makin parah.

10 gejala Alzheimer menurut Alzheimer Assosiation (alz.org) :

1.  Pelupa yang mengganggu kehidupan sehari-hari

Salah satu gejala awal dari Alzheimer adalah sering melupakan sesuatu. Namun, lupa yang dimaksud adalah lupa tidak wajar. Penderita bukan saja melupakan tanggal, peristiwa, atau hal-hal praktis dalam hidup, tetapi dia juga melupakan orang di sekitarnya, atau fungsi suatu benda.

Dia cenderung salah meletakkan benda atau melupakan fungsi suatu barang tertentu.

2.  Sulit menyelesaikan masalah khususnya yang berkaitan dengan angka

Orang dengan gejala Alzheimer memiliki kesulitan dalam menghitung, sehingga tidak mudah baginya untuk mengurus hal-hal terkait keuangan seperti tagihan, belanja, dan sebagainya. Dia juga sulit untuk berkonsentrasi bila dihadapkan dengan hitungan.

3. Sulit untuk menyelesaikan aktivitas rutin yang biasa dilakukan

Orang yang mengalami Alzheimer merasa kesulitan untuk melakukan aktivitas harian yang biasa dilakukannya. Ambil contoh, dia lupa rute jalan ke rumah, sulit untuk mengingat pekerjaan harian, dan gagal untuk melakukan kegiatan yang biasa dilakukannya.

4. Bingung terhadap tempat dan waktu

Ada masa di mana orang Alzheimer sulit mengenali tempat, musim, dan waktu. Mereka umumnya akan merasa kesulitan untuk memahami sekalipun sudah dijelaskan kembali. Keadaan ini yang membuat orang dengan penyakit ini sulit mengingat mengapa dan kapan dia berada di tempatnya saat itu.

5.  Penglihatan terganggu

Pada sebagian penderita Alzheimer, mereka sulit untuk membaca, menerawang, maupun membedakan warna. Hal ini yang membuatnya bisa mengalami masalah ketika menyetir kendaraan.

6. Sulit nyambung dalam percakapan

Karena kesulitan berkonsentrasi dan mengingat perkataan seseorang, penderita Alzheimer cenderung berhenti dan hilang fokus di tengah perbincangan. Ketika dia ingin melanjutkannya kembali, dia mengalami kesulitan untuk mengingat sampai di mana dan apa yang sedang dibicarakan.

7. Salah meletakkan benda dan mengingat rute

Orang Alzheimer tidak hanya melupakan fungsi benda, tetapi dia juga lupa letaknya di mana. Inilah yang membuat mereka sering kehilangan, misalnya meletakkan jam tangan di kulkas atau malah menyimpan makanan dalam lemari.

Ini juga yang membuat penderita Alzheimer dapat menuduh orang lain mencuri barangnya. Artinya ada perubahan perilaku yang tidak biasa dalam kehidupannya.

8. Sulit mengambil keputusan

Mereka sulit mengambil keputusan dan tidak penuh dengan pertimbangan. Khususnya hal-hal yang berhubungan dengan uang, penderita Alzheimer tidak berhati-hati. Hal ini membuatnya mudah tertipu soal uang dalam jumlah yang besar.

9. Terpisah dari pergaulan sosial dan hobi

Ketika seseorang mulai menjauhkan dirinya dari hobi, aktivitas sosial, atau pekerjaan yang biasanya dilakoninya, kemungkinan besar dia mengalami gejala awal Alzheimer. Hal ini terjadi karena pikirannya tidak mengingat bahwa sebelumnya dia menyukai hal-hal tersebut.

10.   Perubahan suasana hati dan kepribadian

Orang dengan Alzheimer bisa mengalami perubahan mood dan kepribadian. Mereka menjadi sering bingung, galau, penuh kecurigaan, depresi, penakut, bahkan juga cemas. Ciri lainnya adalah mereka mudah marah atau sedih.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom