Tutup Iklan

Waspada! Kebiasaan Ini Bikin Kamu Boros

Kalau kita hanya sekali dua kali melakukan kebiasaan yang justru bikin boros ini nggak begitu berpengaruh terhadap finansial.

 ilustrasi menghitung pengeluaran. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - ilustrasi menghitung pengeluaran. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Tanpa sadar kita mungkin melakukan sejumlah kebiasaan belanja atau spending habits yang justru bikin kita boros. Perilaku ini akan menimbulkan tingkat konsumtifitas yang tinggi dan berdampak buruk terhadap pengelolaan keuangan.

Kalau kita hanya sekali dua kali melakukan kebiasaan yang justru bikin boros ini nggak masalah. Tapi, kalau keterusan bisa bahaya. Karena itu tips keuangan kali ini membahas penting sekali mengetahui apa saja hal-hal yang tanpa sadar justru bikin boros itu supaya dapat kita hilangkan.

Berikut ini sejumlah kebiasaan yang justru bikin boros seperti dikutip dari benefits.bankmandiri.co.id, Kamis (25/11/2021):

1. Pembelian Impulsif

Salah satu kebiasaan yang bikin kita boros adalah melakukan pembelian impulsif. Siapa yang suka standby di e-commerce favorit tiap tanggal kembar seperti 10.10? Kalau melihat diskon tuh rasanya kalap deh, pengen beli semua dengan alasan “mumpung diskon” padahal kita juga gak butuh-butuh banget.

Baca Juga: Ingin Bobok Pulas? Lakukan Kebiasaan Ini Sebelum Tidur

Spending habit yang satu ini biasanya di luar rencana. Nah, gimana supaya uang nggak habis buat hal-hal yang di luar rencana? Nggak ada kunci lain selain melatih diri supaya lebih disiplin.

2. Latah Ikutan Belanja

Spending habit yang satu ini sering terjadi karena pengaruh lingkungan. Saat kumpul bareng teman, lihat teman punya smartphone baru, rasanya pengen beli juga biar gak ketinggalan tren, padahal gak ada budget-nya. Who can relate?

Hubungan dengan sesama memang penting. Tapi, kamu perlu mempertimbangkan dampaknya terhadap kondisi keuangan. Pikirkan matang-matang sebelum membeli sesuatu yang sebenarnya belum perlu.

3. Tidak Mencatat Pengeluaran

Tidak tahu secara pasti uang sudah kamu keluarkan untuk apa saja sangat bahaya! Kamu bisa saja bayar tagihan yang sama 2x karena kamu lupa sudah bayar atau belum. Kalau ada penghematan yang bisa dilakukan, kamu juga jadi gak bisa melakukannya karena gak ada patokan.

Baca Juga: Ketahui 5 Postur Buruk untuk Tubuh dan Kesehatan

Jadi, jika selama ini kamu tidak pernah sama sekali atau jarang mencatat pengeluaran, kamu bisa mulai melakukannya secara teratur untuk kondisi finansial yang lebih baik.

4. Menabung dari Sisa-sisa Uang

Tips agar tidak boros berikutnya adalah jangan pernah menabung hanya dari uang sisa. Setelah menerima gaji atau pemasukan lainnya, segera sisihkan sebagian untuk tabungan dan gunakan sisanya untuk membayar tagihan atau belanja kebutuhanmu.

Saran para perencana keuangan, kamu bisa menyisihkan minimal 10%-20% dari total pemasukan untuk ditabung. Tentu saja angka ini bisa lebih besar, tergantung besar-kecilnya kebutuhanmu dan strategi budgeting yang kamu gunakan.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Doa Agar Dijauhkan Dari Penyakit Ain yang Muncul dari Pandangan Mata

Berikut doa yang dapat dipanjatkan agar dijauhkan dari penyakit ain.

Bernapas Melalui Mulut dapat Memengaruhi Bentuk Wajah Manusia?

Selain udara jadi tidak tersaring dengan bulu-bulu hidung, bernapas melalui mulut ternyata juga dapat menyebabkan perubahan pada bentuk wajah.

5 Negara yang Tetapkan Tanggal Kedaluwarsa Sertifikat Vaksin Covid-19

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin.

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Ilmuwan: Orang yang Sudah Divaksin Penuh Bisa Kena Varian Omicron

Untuk mencegah terinfeksi varian Omicron, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan semua orang Inggris untuk suntik vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

28 November 2021 Minggu Pon, Begini Wataknya Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mereka yang lahir pada Minggu Pon mempunyai jumlah nilai neptu 12.

Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Memang tidak mudah untuk mendeteksi apakah pria tulus atau tidak mencintai perempuan.

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.