Tutup Iklan

Waspada Jeratan Pinjol Ilegal! Ini Cara Menghindarinya

Untuk memberantas pinjol ilegal, OJK bareng BI, Polri, Kominfo, dan Kemenkop UKM telah melakukan pernyataan komitmen bersama pada tanggal 20 Agustus 2021.

 Infografis Pinjol (Solopos/Whisnupaksa)

SOLOPOS.COM - Infografis Pinjol (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Satgas Waspada Investasi bersama Kepolisian Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memblokir/menutup 3.516 aplikasi/website pinjaman online (pinjol) ilegal.

Untuk memberantas pinjol ilegal, OJK bareng Bank Indonesia, Polri, Kominfo, dan Kemenkop UKM telah melakukan pernyataan komitmen bersama pada tanggal 20 Agustus 2021. Pernyataan komitmen bersama ini ditujukan untuk meningkatkan tindakan nyata dari masing-masing kementerian dan lembaga dalam memberantas pinjaman online ilegal sesuai kewenangannya untuk melindungi masyarakat. Komitmen bersama ini lingkupnya meliputi pencegahan, penanganan pengaduan masyarakat dan penegakan hukum.

Baca juga: Mahfud MD Tegaskan Korban Pinjol Ilegal Jangan Bayar Utang

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan OJK selama ini telah melakukan berbagai kebijakan untuk memberantas pinjol ilegal melalui Satgas Waspada Investasi (SWI), termasuk menjalankan berbagai program edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan fintech lending yang terdaftar atau berizin di OJK dan mencegah masyarakat memanfaatkan pinjol ilegal.

“OJK juga mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh anggota SWI lainnya, di antaranya melakukan cyber patrol, melakukan pemblokiran rutin situs dan aplikasi pinjol ilegal, menertibkan koperasi simpan pinjam yang menawarkan pinjaman online, melakukan pelarangan payment gateway, dan melakukan proses hukum terhadap pinjol ilegal,” ujarnya dikutip dari laman ojk.go.id, Rabu (20/10/2021).

Berikut tips agar masyarakat terhindar dari pinjaman online ilegal yang tersaji dalam infografis:

Infografis Pinjol (Solopos/Whisnupaksa)
Infografis: Whisnupaksa


Berita Terkait

Espos Plus

Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

+ PLUS Pembahasan RUU PDP Belum Rampung, Kominfo Fokus Sosialisasi dan Edukasi

Progres terbaru dari pembahasan RUU PDP adalah pembahasan format lembaga pengawas yang akan bertanggung jawab menangani perkara perlindungan data pribadi hingga kini belum final.

Berita Terkini

Fakta-Fakta Unik Liga Inggris, Balotelli Cuma Cetak 1 Assist

Ada sejumlah fakta unik yang terjadi di kompetisi Liga Premier Inggris. Mulai dari pemain yang sering diganti hingga pemain yang cuma mencatatkan satu assist di sepanjang kariernya di Premier League.

Gacor! Cristiano Ronaldo Tembus 800 Gol

Cristiano Ronaldo telah membukukan 800 gol dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Tips Menghemat Listrik Kala WFH

Sebaiknya terapkan tips menghemat listrik kala WFH agar tagihan tidak membengkak.

Lagi, Disparbudpora Klaten Pindahkan ODCB

ODCB itu lantas disatukan dengan benda peninggalan purbakala lain yang sebelumnya sudah diambil di galeri seni kompleks Monumen Juang 45 Klaten.

5 Gunung Angker di Jawa Tengah: Lawu-Slamet

Inilah lima gunung yang dikenal angker dan sarat aura mistis di Jawa Tengah.

Penjelasan Badan POM soal Susu Kental Manis

Badan POM mengeluarkan penjelasan tentang SKM, salah satunya menyebut SKM merupakan produk susu tetapi harus dikonsumsi sesuai aturan.

Grazie Vale! Salam Perpisahan untuk Valentino Rossi

Valentino Rossi telah menjalani balapan terakhirnya di Moto GP. Pembalap asal Italia itu bisa disebut sebagai legenda balap motor dunia karena mengantongi sembilan gelar juara dunia grand prix.

Perkiraan Pelaku Perjalanan saat Libur Nataru, Terbanyak ke Jateng

Jumlah pelaku perjalanan ke luar daerahnya saat libur Nataru akhir tahun nanti diprediksi akan mengalami lonjakan yang signifikan.

Tas Siaga Bencana

Tas Siaga Bencana dibutuhkan saat terjadi bencana atau keadaan darurat sebelum datangnya bantuan.

Xavi Ikuti Jejak Pep Guardiola hingga Johan Cruyff

Xavi Hernandez resmi kembali ke Barcelona sebagai pelatih.

PLTSa Putri Cempo Solo, Ubah Sampah Jadi Energi Listrik

Pembangunan instalasi PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, saat ini terus dikebut sehingga diharapkan pada Juni 2022 sudah bisa menghasilkan listrik.

Berapa UMK Solo 2022? Berikut UMK di Soloraya 10 Tahun Terakhir

Diprediksi persentase kenaikan upah minimum pada 2022 berpotensi lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Fabio Quartararo, Juara Dunia Baru Moto GP

Pembalap Yamaha Fabio Quartararo mengunci gelar juara dunia Moto GP 2021, Minggu (24/10/2021). Hal itu setelah dia finis keempat dalam balapan di Sirkuit Misano.

8 Universitas di Indonesia yang Cepat Dapat Kerja

Berikut ini terdapat daftar universitas atau kampus di Indonesia yang lulusan alias alumninya cepat mendapatkan pekerjaan.

Factory Sharing, Harapan Perajin Mebel Sragen Tingkatkan Mutu Produk

Factory sharing atau rumah produksi bersama menjadi ikhtiar pemerintah agar pengrajin mebel dan furnitur di Kalijambe, Sragen, bisa berkembang.