SOLOPOS.COM - ilustrasi kesepian (freepik)

Solopos.com, SOLO – Pandemi Covid-19 yang belum usai, bisa membuat sebagian orang lebih banyak di rumah dan membuat mereka merasa kesepian. Meskipun, bisa diobati dengan video call bersama keluarga ataupun teman-teman.

Namun, kesepian untuk waktu yang lama, mungkin akan membuat tubuh lebih sulit melawan penyakit. Kesepian juga dapat memicu beberapa hormon yang dibuat tubuh saat sedang stres, serta mengurangi performa sistem kekebalan saat bekerja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti dilansir dari alokdokter, orang yang terus menerus merasa kesepian lebih mudah merasa lelah, insecure, mengalami gangguan tidur, mengalami kecemasan yang berlebihan, hingga lebih berisiko jatuh ke dalam depresi.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, kesepian juga bisa berdampak buruk untuk tubuh seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/11/2020).

Ingat! Abai Protokol Kesehatan Bisa Bahayakan Keluarga

Tekanan darah naik

Jika kalian kesepian dan berlangsung selama empat tahun atau lebih, tekanan darah kalian kemungkinan besar akan naik. Ilmuwan yang mempelajari hal ini tidak dapat membuktikan bahwa kesepian adalah penyebabnya. Namun mereka menemukan bahwa kenaikan tekanan darah tersebut tidak disebabkan oleh hal-hal lain seperti usia, jenis kelamin, pola makan, atau latar belakang keluarga.

Penurunan aktivitas fisik

Gaya hidup aktif akan membantu tetap sehat dalam tubuh ataupun pikiran. Jika kesepian, kemungkinan besar kalian akan mengurangi atau berhenti sejenak untuk berolahraga. Lebih baik habiskan waktu untuk berolahraga dan pergi ke gym, bermain sepak bola di lingkungan sekitar, atau menghabiskan waktu dengan teman adalah cara untuk memulai hubungan yang lebih baik.

Pengaruhi mental

Seiring bertambahnya usia, kemungkinan besar mental akan terpengaruh jika kalian merasa kesepian dan memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit seperti Alzheimer. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa banyak hal yang dapat memengaruhi risiko tersebut. Penelitian pun tidak dapat membuktikan sepenuhnya bahwa kesepian akan menyebabkan kondisi tersebut.

Merokok Picu Risiko Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

Kesehatan Jantung yang Buruk

Semakin kesepian kalian dalam hidup, maka semakin besar kemungkinan kalian memiliki kondisi yang memengaruhi kesehatan jantung. Seperti obesitas, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol jahat, misalnya wanita yang kesepian lebih mungkin terkena penyakit jantung koroner.

Depresi

Orang yang merasa kesepian, bisa saja mengalami depresi yang pastinya akan memengaruhi banyak hal. Jika kalian kesepian, kalian mungkin mulai merasa buruk tentang hidup dan menjadi depresi. Orang yang depresi, daripada hidup lebih baik dan bahagia, mereka justru akan mengurung diri untuk tidak bertemu orang lain. Pada titik inilah orang bisa disebut sudah tenggelam dengan masalahnya.

Cobalah hubungi teman atau saudara, meskipun hanya bisa melihatnya secara virtual. Jika kalian memiliki gejala yang parah atau berlangsung lebih dari dua minggu termasuk sering merasa sedih atau putus asa, kurangnya energi, masalah tidur, atau perubahan nafsu makan, segera cari bantuan atau hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya