SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pencurian (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO — Tanpa disadari, rumah Anda dengan tanda tertentu bisa diincar maling. Apalagi jika tanda tersebut memang sengaja dibuat oleh pencuri.

Merebaknya aksi kriminalitas akhir-akhir ini, tentunya membuat Anda harus lebih waspada terhadap keamanan rumah. Salah satu hal yang perlu diperhatikan jika Anda menemukan tanda-tanda rumah Anda sedang diincar maling.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Round Up Covid-19 Solo: 16 Positif, Setelah Anak-Anak Giliran Ibu Rumah Tangga

Apa saja tanda-tanda tersebut? Berikut enam tanda rumah bakal diincar maling dalam video berjudul Tanda Rumahmu Sedang Diawasi Maling yang tayang di kanal Youtube The Miracle of Life, 2018 silam.

1. Ada Seseorang Membongkar Tempat Sampah Anda

Bukan hanya pengemis atau pemulung yang membongkar tempat sampah yang berada di luar rumah Anda. Tetapi, ada juga orang yang mengobrak-abrik isi tempat sampah Anda. Mereka mencari catatan penting yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari pemilik rumah.

Informasi tersebut bisa mereka manfaatkan untuk rencana kejahatan yang sedang disusunnya.

Bikin Penelitian Unik, 2 Siswi Sragen Berprestasi di Kancah Nasional

2. Kehilangan Anjing

Jika Anda memiliki anjing di rumah, Anda patut waspada jika tiba-tiba anjing kesayangan Anda hilang. Pasalnya, anjing dikenal sebagai hewan penjaga rumah yang paling handal. Oleh karena itu, pencuri ingin menyingkirkan anjing dari rumah Anda.

3. Bahan Bakar Kendaraan Habis Tiba-tiba

Pencuri sengaja mengosongkan bahan bakar pada kendaraan bermotor milik Anda. Hal ini agar pemilik rumah terlambat pulang. Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa meminta tolong tetangga atau orang terdekatmu untuk mengecek kondisi rumah.

Puasa Ramadan Takut Covid-19, Bolehkah Diganti dengan Bayar Fidyah?

4. Kaca Jendela Pecah

Mereka dengan sengaja memecah kaca jendela rumah Anda. Hal ini mereka lakukan untuk mengecek kondisi rumah, apakah ada orang atau tidak di dalam rumah.

5. Ada Sebaran Brosur di Depan Rumah

Jangan membiarkan tumpukan brosur di depan rumah Anda. Jika tidak Anda bersihkan, bisa menjadi tanda rumah dalam keadaan kosong alias tidak dihuni.

Pengguna Zoom Sehari Tembus 300 Juta, Melonjak Saat Covid-19

6. Ada Tanda Aneh di Depan Rumah

Jika Anda menemukan tanda aneh seperti semprotan cat atau lainnya di depan rumah, Anda patut curiga. Segera bersihkan tanda aneh tersebut agar tidak menjadi perhatian oleh orang lain atau yang berniat jahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya