SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang dehidrasi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Dehidrasi sangat mungkin terjadi saat seseorang terpapar udara panas. Namun dalam beberapa kasus, dehidrasi ternyata bisa dialami mereka yang bekerja di ruangan ber-AC sejuk. Hawa dingin menimbulkan kemalasan untuk minum dan merasa tubuh baik-baik saja.

Padahal, bekerja di ruangan ber-AC justru membuat pekerja rentan dehidrasi. Terbiasa berada di ruangan ber-AC yang sejuk membuat seseorang cenderung mengabaikan rasa haus sehingga enggan minum. Akibatnya, orang itu tanpa sadar akan mengalami dehidrasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Keberadaan cairan di dalam tubuh memegang peranan penting. Cairan itu mengatur hampir seluruh kinerja organ penting di dalam tubuh. Nah, hasil penelitian di Inggris yang dirangkum dari Dailymail, Kamis (24/10/209), menjelaskan beberapa  penyakit yang dipicu dehidrasi. Simak ulasannya berikut ini:

Sakit kepala atau migrain

Menurut Fayyzad Ahmed, seorang ahli saraf di Hull Royal Infirmary, Inggris, dehidrasi menyumbat peredaran darah. Ketika tubuh kekurangan cairan, maka darah akan mengental. Jika darah mengental maka peredaran darah yang mengangkut oksigen ke otak menjadi terganggu. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala atau migrain.

Batu ginjal

Dehidrasi juga memicu batu ginjal. Kurangnya cairan di tubuh ini membuat urine mengental. Jika dibiarkan, menurut Matthew Bultitude, seorang konsultan urologi di Guy’s and St Thomas’ Hospital, London, Inggris, cairan urine yang mengental ini lama-kelamaan akan mengkristal dan membentuk batu ginjal.

Penuaan dini

Justine Hextall, seorang konsultan dermatologi di Western Sussex Hospitals NHS Trust, London, Inggris, mengatakan, cairan sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Kekurangan cairan tubuh juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu timbulnya keriput sebagai tanda penuaan.

Kematian

Kekurangan cairan memengaruhi kinerja organ-organ vital dalam tubuh. Dalam kasus yang lebih berat, kehilangan cairan tubuh ini dapat menyebabkan penurunan kesadaran atau koma. Menurut Patricia Macnair, seorang dokter spesialis penyakit dalam di Milford Hospital, Surrey, Inggris, kemungkinan terburuk yang terjadi ketika seseorang mengalami dehidrasi adalah kematian.

Uraian di atas memberikan bukti bahwa dehidrasi dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada tubuh. Oleh karena itu, cegahlah dehidrasi dengan memperbanyak minum air putih minimal delapan gelas per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya