Waspada Handphone Disadap! Ini Ciri dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi--handphone disadap. (freepik)

Solopos.com, SOLO -- Semakin maju dan canggihnya teknologi, semakin luas pula kejahatan dapat terjadi. Salah satu contohnya dapat terjadi pada handphone alias ponsel yang sering kita gunakan.

Di zaman sekarang siapa tidak mengenal handphone? Hampir semua orang menggunakan benda kotak banyak fungsi ini. Hampir semua pekerjaan yang membutuhkan komputer bisa diselesaikan hanya melalui handphone. Bahkan kita lebih merasa kehilangan jika yang tertinggal handphone ketimbang dompet. Karena peran dompet pun bisa digantikan handphone .

Artinya, handphone sudah seperti kebutuhan primer bagi orang zaman sekarang. Karena itu pula, handphone rawan jadi sasaran kejahatan karena tersimpan banyak data berharga. Salah satunya disadap. Kejadian seperti ini memang sudah banyak terjadi.

Tanda Kehidupan Ditemukan di Planet Venus, Siapa Penghuninya?

Para peretas dapat mengetahui isi percakapan kita dengan orang hingga dapat mengambil data penting yang kita miliki, lho. Tenang dulu, ada cara mencegah hal tersebut terjadi, tetapi ada baiknya untuk mengetahui ciri-ciri ketika ponsel yang kita miliki tersadap, seperti melansir dari berbagai sumber, Sabtu (10/10/2020). Berikut ciri-ciri handphone disadap:

Muncul Suara Bising

Salah satu ciri yang umum terjadi ketika ponsel kita disadap adalah ketika terdengar suara-suara bising saat ponsel dalam posisi diam. Atau, suara terdengar menjadi bergema saat kita sedang bertelepon dengan orang lain. Selain itu, sambungan yang terputus secara tiba-tiba juga dapat menjadi pertanda.

Pesan Masuk Sudah Terbaca

Tidak hanya itu, dapat pula terjadi ketika pesan yang baru saja masuk di ponselmu, sudah dilihat atau dibaca. Padahal kamu yakin belum membaca atau melihat pesan tersebut.

Planet Mars Dekati Bumi, Pertanda Apa?

Baterai Handphone Cepat Berkurang

Baterai ponsel menjadi berkurang lebih cepat dari biasanya. Tidak hanya baterai, tetapi bisa juga kuota internet yang cepat habis dan ponsel menjadi cepat panas, meski tidak kamu gunakan. Penggunaan ponsel oleh lebih dari satu orang akan membuat suhunya menjadi lebih panas, serta boros, baik daya baterai atau pun kuota.

Munculnya Aplikasi

Munculnya aplikasi yang tidak kamu instal secara tiba-tiba, bisa menjadi salah satu ciri ponsel tersadap. Jika kamu sudah menaruh rasa curiga pada aplikasi tersebut, ada baiknya segera hapus atau uninstall agar dapat segera dihentikan.

5 Aktor Ternama Ini Muncul di Video Game, Siapa Saja?

Aplikasi sering crash

Bisanya dapat terjadi karena malware terbentur dengan aplikasi lain, sehingga menyebabkan crash atau aplikasi menutup dengan sendirinya. Akan semakin mencurigakan ketika aplikasi tersebut sudah dtutup, tetapi ponsel masih alami crash.

Cara Mencegah Handphone Tersadap

Gunakan Kata Sandi

Terkesan sepele, namun hal ini dapat mencegah ponsel tersadap, walau pun tidak menjamin benar-benar terhindar. Ini juga membuatmu terhindar dari penyebaran data atau informasi penting di dalam ponsel, ketika ponsel mu hilang atau dicuri.

Aktifkan Verifikasi

Cara selanjutnya dengan mengaktifkan verifikasi. Ini dapat membuat ponsel dan akun pribadimu seperti email menjadi aman. Akan lebih aman lagi jika kamu mengaktifkan verifikasi sebanyak dua kali.

Iphone 12 Bakal Diluncurkan di Kandang Samsung, Tapi Kapan?

Perhatikan VPN

Penggunaan VPN (Virtual Private Network) perlu diperhatikan, sebab VPN dapat mengenkripsi jaringan internetmu. Para peretas dengan mudah mengetahui dan melihat data-data yang sedang ditransmisi melalui jaringan Wi-Fi.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom