SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Kementerian Pertanian mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus flu burung (H5N1) yang bisa menyebabkan penyakit Avian Influenza (AI). Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro, Senin (23/1) mengatakan, meski kasus AI pada unggas terjadi sepanjang tahun, peningkatan kasus terjadi setiap periode Januari-April saat curah hujan tinggi.

Menurut Syukur, jumlah kasus flu burung pada unggas sepanjang 2011 mencapai sekitar 1.400 kasus. Jumlah ini lebih rendah dibanding tahun 2010 yang mencapai sekitar 1.500 kasus dan pada 2009 yang mencapai sekitar 2.300 kasus.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara itu, Kementerian Pertanian mencatat baru Provinsi Maluku Utara yang berstatus bebas virus flu burung. Pada periode 1 hingga 20 Januari 2012, kasus flu burung dilaporkan terjadi di 6 provinsi, antara lain Jawa Tengah yakni di Sragen dan Brebes, Jawa Timur di Lamongan, Riau di Pekanbaru, Kalimantan Timur di Panajam Paser Utara, Jambi di Muaro Jambi, serta Sulawesi Selatan di Sidenreng Rappang.

Adapun jumlah unggas mati mencapai sekitar 1.070 ekor. Kasus flu burung pada unggas per provinsi pada 2011 tertinggi berada di Sumatera Barat, sedangkan terendah berada di Kalimantan Selatan dan DKI Jakarta. [tempo/rda]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya